nusabali

Bagikan Gratis ke Warga

Perangkat Desa Urunan Beli Nasi

  • www.nusabali.com-bagikan-gratis-ke-warga

AMLAPURA, NusaBali
Perangkat Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, Karangasem, patut dicontoh di tengah pandemi yang makin parah.

Mereka urunan uang untuk dibelikan nasi bungkus. Nasi ini dibagikan kepada warga kurang mampu, sekaligus memberdayakan pedagang lokal. Pembagian nasi bungkus itu dilakukan tiga hari. Perangkat desa ini keliling desa memberikan setiap warga kurang mampu. Aktivitas bagi-bagi nasi bungkus hari pertama 165 bungkus, keliling Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, Karangasem Jumat (23/7). Jalur yang dilewati, Jalan Pantai Amed, Jalan Melasti dan sekitarnya, dengan mengendarai pick up dan sepeda motor roda tiga.

Kegiatan itu dikoordinasikan Perbekel Purwakerti I Nengah Karyawan, dengan membawa mengeras suara untuk memberitahukan kepada warga perihal acara bagi-bagi nasi bungkus gratis. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi masyarakat setempat.

"Ini spontanitas dari perangkat desa mengumpulkan dana, untuk membeli nasi bungkus buat warga yang memerlukan," jelas I Nengah Karyawan.

Jelas dia, aktivitas itu juga secara tidak langsung memberdayakan pedagang nasi bungkus di Desa Purwakerti. Sebab, setiap hari produk nasi bungkusnya diborong 165 bungkus.

Disebutkan, donasi yang terkumpul Rp 3,4 juta, digunakan untuk program tiga hari. Dana itu terkumpul secara urunan, mulai dari perbekel dan sekdes masing-masing Rp 200.000. Sedangkan kasi, kaur dan kelian banjar dinas, masing-masing Rp 100.000 ditambah donasi dari wisatawan.

Perbekel I Nengah Karyawan menambahkan sambil membagikan nasi bungkus juga mengedukasi masyarakat pentingnya menjalankan protokol kesehatan, guna menekan penularan Covid-19.

Ikut keliling bagi-bagikan nasi bungkus, Kelian Banjar Dinas Biaslantang Kaler I Gede Juli Antara, Kelian Banjar Dinas Amed I Komang Edi Gunawan, Kelian Banjar Dinas Lebah I Wayan Suartana, Kelian Banjar Dinas Babakan I Putu Soma Ariasa, dan Kelian Banjar Dinas Biaslantang Kelod I Nengah Kari. "Ini memang spontan, untuk membatu warga berupa nasi bungkus, bagi yang memerlukan," jelas I Nengah Kari.

Warga Ni Wayan Suriani, mengapresiasi program dari Pemerintah Desa Purwakerti, setidaknya telah memberdayakan pedagang nasi bungkus. "Kami merasa terbantu adanya bagi-bagi nasi bungkus itu," ujar Ni Wayan Suriani.

Sejumlah pedagang nasi bungkus yang mengaku dapat jualan atas program Pemerintah Desa Purwakerti, Ni Nengah Murti di Banjar Biaslantang Kelod, Ni Ketut Sari  Anyuk di Banjar Biaslantang Kelod, dan Ni Luh Putu Suniasih di Banjar Biaslantang Kaler. Rencana acara bagi-bagi bungkus, Sabtu (24/7), pesan nasi bungkus dari pedagang di Banjar Babakan dan Banjar Amed. Untuk acara Minggu (25/7), membeli nasi bungkus dari pedagang di Banjar Lebah. *k16

Komentar