nusabali

Vaksinasi di Batubulan Wujudkan Herd Immunity

  • www.nusabali.com-vaksinasi-di-batubulan-wujudkan-herd-immunity

GIANYAR, NusaBali.com – Sebanyak 450 dosis vaksin  Covid-19 diberikan bagi masyarakat yang tercecer di Kabupaten Gianyar, pada Jumat (23/7/2021).

Vaksinasi di Balai Budaya Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, dimulai  pukul 08.30 Wita Kegiatan vaksinasi dilaksanakan oleh Kesbangpol dan BKP SDM Kabupaten Gianyar, yang bersinergi dengan tenaga kesehatan dari Puskesmas Sukawati II.


Kegiatan vaksinasi tersebut, ditinjau langsung oleh Camat Sukawati I Gusti Ngurah Gede Udayadnya dan Perbekel Desa Batubulan Dewa Gede Sumertha. “Pelaksanaan vaksinasi kali ini, menyasar masyarakat yang tercecer di baik warga asli maupun pendatang di sekitar Kabupaten Gianyar,” ujar I Made Purwa yang merupakan Sekretaris Desa Batubulan.

I Made Purwa pun mengatakan bahwa antusiasme masyarakat menyambut vaksinasi tahap pertama ini baik. Hal tersebut terbukti dari masyarakat yang telah terpantau hadir untuk antre sebelum waktu pelaksanaan vaksinasi. “Saya lihat pukul 06.00 sudah ada yang antre di Balai Budaya, dan dalam sekejap 450 nomor itu habis terbagi kepada masyarakat yang sudah datang untuk mendapatkan layanan vaksinasi,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi kali ini pun menyasar segala usia, baik remaja hingga lansia. Dengan menggunakan jenis vaksin CoronaVac merk Biofarma. Persyaratan vaksinasi pun mewajibkan masyarakat untuk menyertakan KTP dan KK guna pendataan terkait surat keterangan vaksinasi. “Tetap melakukan prosedur seperti pengecekan kesehatan, terkait alergi dan tekanan darah,” ujar salah satu tenaga kesehatan Puskesmas Sukawati II Nyoman Nuriana.

Lebih lanjut I Made Purwa pun menghimbau kepada masyarakat, agar tidak takut terkait vaksinasi tersebut. Dan agar memiliki kesadaran untuk mewujudkan kenyamanan serta keamanan bersama di masa pandemi ini. “Pada saat vaksinasi massal Desa Batubulan bulan Juni yang lalu, banyak masyarakat yang enggan datang untuk mendapatkan vaksin, namun sekarang berbondong-bondong mencari vaksin, mungkin karena tuntutan surat di penyekatan lalu lintas itu,” ujarnya.

I Made Purwa mewakili Perbekel Desa Batubulan pun berharap, agar masyarakat Gianyar khususnya warga Batubulan, baik warga asli maupun pendatang saling menjaga satu sama lain, untuk mewujudkan kondisi kesehatan yang baik di masa pandemi. “Kesadaran untuk vaksinasi dan menerapkan prokes sangat penting di masa pandemi seperti ini, vaksinasi sejatinya bertujuan untuk mewujudkan herd immunity, dan menekan angka kasus Covid-19,” tutupnya. *rma

Komentar