nusabali

Pandemi, Pendapatan Pajak Minus

  • www.nusabali.com-pandemi-pendapatan-pajak-minus

GIANYAR, NusaBali
Pendapatan sektor pajak melalui Kantor Pajak Pratama (KPP) Gianyar minus sejak sebelum pandemi Covid-19.

Data per Kamis (22/7), pertumbuhan sektor pajak minus 5,9 persen. KPP pun menyarankan pemulihan ekonomi lewat sektor pertanian hingga perikanan.

Kepala KPP Pratama Gianyar Moch Luqman Hakim mengatakan, target pemasukan pajak Rp 663 miliar lebih, namun masuk Rp 288 miliar lebih (bruto), dan nettonya Rp 285 miliar lebih. Sumber pajak dari KPP Gianyar selama ini Pajak Penghasilan (PPn), PPN dan Pajak Bumi Bangunan. Pertumbuhan pajak sangat tergantung pada kondisi ekonomi masyarakat. "Kalau ekonomi bagus, otomatis pajak bagus. Kalau kondisi krisis seperti saat ini, otomatis tidak bagus," ujarnya, Kamis (22/7).

Meski begitu, Luqman optimistis dalam beberapa pekan ke depan, penerimaan pajak akan bertambah. Sebab per hari ini, pajak dari sektor PPN belum masuk. Kata dia, selama ini PPN menjadi penyumbang pajak terbesar di KPP Pratama Gianyar. PPN tersebut terdiri dari sektor perdagangan, jasa dan yang paling banyak menyumbang adalah proyek pemerintah yang dibiayai APBD dan APBN. "Bulan ini masih jalan, jadi belum bisa dikatakan pertumbuhan kita minus 5,9 persen. Minggu-minggu ini akan ada setoran PPN, yang nilainya besar. Kami harapkan berkurang minusnya jadi 2-3 persen saja," ujarnya.

Dia mengakui, ambruknya sektor pajak ini karena situasi ekonomi masyarakat Bali yang terlanjur menyatu dengan pariwisata. "Sekarang bisa juga jual yang lain. Seperti di luar negeri ada Pulau Penang, luasnya lebih kecil dari Bali. Banyak yang datang kesana, karena ada pengobatan. Bagaimana pola seperti itu diterapkan di Bali," bebernya.

Saat pandemi saat ini, justru banyak orang kaya ke Amerika ingin mendapat vaksin. "Karena meyakini vaksin di Amerika punya tingkat keberhasilan di atas 90 persen," ujarnya.

Luqman menilai, sebetulnya Bali bisa melakukan hal yang sama mengenai vaksinasi. "Misalnya setelah dari bandara divaksin, bisa wisata di sini," jelasnya.

Untuk sektor lain, Bali punya keunggulan alam. "Ada yang subur, seperti perikanan, pertanian dan kebun, kehutanan ada juga," ungkapnya.

Sekarang, kata dia, tinggal peran pemerintah menggandeng unsur terkait dalam melakukan langkah penyelamatan ekonomi.

Kantor Pelayanan Pajak  (KPP) Pratama Gianyar yang mewilayahi Bali timur saat kini membentuk seksi pengawasan. Hal ini dilakukan agar pengawasan pajak bisa dilakukan lebih intensif. Selama ini, sektor yang paling banyak menyumbang pajak adalah proyek-proyek pemerintah. *nvi

Komentar