nusabali

PHDI dan Banjar Tangsel Gelar Vaksinasi

  • www.nusabali.com-phdi-dan-banjar-tangsel-gelar-vaksinasi

JAKARTA, NusaBali
Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan Banjar Tangerang Selatan (Tangsel) mendukung program pemerintah dalam melakukan vaksinasi kepada masyarakat.

Mereka melaksanakan vaksinasi massal di Wantilan Pura Parahyangan Jagat Guru (PJG), BSD City, Kota Tangsel pada Rabu (21/7).

Ketua Panitia Vaksinasi Massal Banjar Tangsel I Gede Raka Subawa, mengatakan, vaksinasi yang berlangsung di Pura Parahyangan Jagat Guru merupakan bentuk kontribusi Umat Hindu Banjar Tangsel dalam membantu pemerintah menyelesaikan pandemi Covid-19.

"Intinya Banjar Tangsel ingin berkontribusi kepada masyarakat. Selain itu, kami ingin membantu pemerintah menyelesaikan pandemi Covid-19," ujar Gede Raka usai Program Vaksinasi Massal, Rabu (21/7).

Menurut pria yang juga sebagai Wakil Ketua PHDI Provinsi Banten ini, hal tersebut sesuai dengan ajaran agama Hindu, Manawa Seva Madawa Seva. Artinya, melayani sesama manusia adalah salah satu bentuk persembahan kita kepada Tuhan. Oleh karena itu, vaksinasi massal tidak hanya diperuntukan bagi umat Hindu Banjar Tangsel. Tetapi  juga masyarakat di sekitar Pura bisa ikut program vaksinasi tersebut.

Bahkan, Gede Raka mengimbau agar seluruh Pura, Banjar dan PHDI dimana pun berada di seluruh tanah air melakukan hal itu sesuai dengan kapasitas masing-masing. Yakni tidak hanya melayani umat Hindu, tetapi masyarakat di sekitar Pura. "Bahkan, kalau bisa minimal satu kota/kabupaten," tegas Gede Raka.

Sementara Ketua PHDI Kota Tangsel Ida Ketut Ananta mengatakan, vaksinasi massal di Pura merupakan niat baik untuk melayani umat sekaligus membantu pemerintah dalam mempercepat vaksinasi kepada masyarakat.

Kelian Banjar Tangsel I Wayan Nariasa menyampaikan, vaksinasi diikuti 350 orang. Rinciannya, 100 orang dari umat Hindu Banjar Tangsel dan 250 orang dari kalangan umum di sekitar Pura. Vaksinasi dilakukan oleh dua tim. Tim dari Puskesmas Rawabuntu dibawah pimpinan drg Hartono mengerahkan enam orang. Sedangkan Tim Dinas Kesehatan Kota Tangsel dibawah koordinator drg I Gusti Ayu Rai Ratih mendatangkan tujuh orang.

Vaksinasi dihadiri Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Ketua PSN Provinsi Banten Jero Mangku Gede Pastika, Ketua PHDI Provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmaja, Ketua WHDI Provinsi Banten Ni Made Ria Isriyanthi, dan Ketua PHDI Kota Tangsel Ida Ketut Ananta. *k22

Komentar