nusabali

Piala AFF Siap Hapus Home-Away

  • www.nusabali.com-piala-aff-siap-hapus-home-away

JAKARTA, NusaBali
Piala AFF 2020 yang ditunda ke 2021 dipastikan akan tetap digelar di tengah pandemi COVID-19.

Namun ada kemungkinan dihilangkannya format home-away. Kepastian format turnamen ini akan diumumkan pada akhir Juli 2021.

Setelah itu digelar babak drawing di markas AFF, di Malaysia, 10 Agustus. AFF sempat menginginkan format lama tetap diterapkan untuk Piala AFF 2020, makanya ditunda ke 2021. Tetapi AFF akhirnya menyerah juga dan bakal menyesuaikan dengan keadaan.

"Drawing (Piala AFF) digelar 10 Agustus. Kami sadar perlunya persiapan untuk menghadapi situasi pandemi COVID-19. Perubahan (format) mungkin akan terjadi dan kami mungkin akan menyiapkan venue netral," kata Presiden AFF Sameth Khiev, dikutip dari media Vietnam suckhoedoisong.

"Karena kami mau memastikan keselamatan dan kesehatan para pemain yang merupakan prioritas utama. Keputusannya akan diumumkan akhir Juli," ujar Sameth Khiev.

Piala AFF 2020 tetap terbagi dua grup. Dua venue akan ditunjuk dan menjadi tuan rumah untuk dua grup itu. Perubahan format lainnya potensi dihapusnya sistem dua leg semifinal dan final. Jika biasanya digelar home-away, babak ini juga digelar di venue netral dan digelar satu leg.

Sementara protokol kesehatan akan diterapkan begitu ketat. Semua peserta dilarang bersentuhan dengan pihak luar dan hanya boleh 'berkeliaran' ke lokasi-lokasi yang diizinkan AFF. *

Komentar