nusabali

Koster Salurkan Bantuan Sosial untuk Masyarakat Bali

Tindaklanjuti Instruksi Presiden Jokowi di Tengah Pandemi Covid-19

  • www.nusabali.com-koster-salurkan-bantuan-sosial-untuk-masyarakat-bali

DENPASAR, NusaBali
Gubernur Bali Wayan Koster tindaklanjuti Instruksi Presiden Jokowi agar mempercepat penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM Darurat.

Gubernur Koster secara simbolis menyerahkan bantuan kepada masyarakat di Rumah Jabatan Komplek Jaya Sabha Denpasar, Rabu (21/7). Bantuan yang digelontor secara simbolis oleh Gubernur Koster kemarin adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Pangan (BSP), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Warga yang menerima bantuan PKH rata-rata adalah pekerja harian/buruh.

Item bantuan sosial dari Kementerian Sosial yang digelontor di masa pandemi Covid-19 ini meliputi pertama, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Bantuan Sosial Pangan (BSP). Jumlah warga yang diberikan sebanyak 144.303 keluarga penerima manfaat (KPM), dengan besar bantuan Rp 200.000 per bulan selama setahun. Sudah cair Januari-Juli 2021 sebesar Rp 163 miliar, melalui Bank BNI, BRI, dan BTN.

Warga yang mendapat bantuan ini, harus membeli kebutuhan pangan di E-Warung yang ditentukan oleh Himpunan Bank Negara (HIMBARA). Bantuan ini akan ditambah lagi sebesar Rp 200.000 selama 2 bulan, yakni Juli dan Agustus 2021.

Kedua, bantuan berupa Program Keluarga Harapan (PKH). Jumlah warga yang diberikan sebanyak 92.832 KPM, dengan besar bantuan Rp 1.500.000 hingga Rp 3.000.000 dalam setahun. Sudah cair sampai tahap ketiga mencapai lebih dari Rp 162 miliar.

Ketiga, Bantuan Sosial Tunai (BST), di mana jumlah warga yang diberikan mencapai 103.000 KPM, dengan besar bantuan Rp 300.000 per bulan selama setahun. Sudah cair periode Januari-April 2021 sebesar Rp 124 miliar. Pada bulan Mei dan Juni 2021, diberikan kepada sebanyak 96.000 KPM sebesar Rp 600.000 di mana akan cair sekaligus Juli 2021 ini.

Keempat, bantuan Sosial berupa beras yang disalurkan oleh Bulog, diberikan kepada warga lebih dari 217.000 KPM masing-masing sebanyak 10 kg. Kelima, bntuan paket beras diberikan kepada 3.000 warga di luar penerima bantuan PKH, BST, dan BPNT (BSP), masing-masing sebanyak 5 kg.

Selain itu, ada Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) dari Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal RI. Jumlah warga yang diberikan sebanyak 59.444 KPM, dengan besar bantuan masing-masing Rp 300.000 dalam satu tahun, sudah cair dari bulan Januari sampai Juli 2021. Total anggaran dalam setahun mencapai Rp 160 miliar.

Gubernur Koster menyampaikan, bantuan sosial yang diserahkan kepada masyarakat tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. "Bantuan ini diberikan setiap bulan. Pihak Bank BRI, Bank Mandiri, BTN, dan PT Pos yang memfasilitasi bersama Perum Bulog Kanwil Bali hingga bisa berjalan dengan lancar," ujar Gubernur Koster.

Menurut Koster, realisasi bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak ini merupakan instruksi Presiden Jokowi, supaya benar-benar cepat dan tepat sasaran. "Ini sesuai dengan arahan Pak Presiden, yang meminta program bantuan cepat direalisasikan," tanbdas Gubernur yang juga Ketua DPD PDIP Bali ini.

Koster menyebutkan, sebelumnya pemerintah juga sudah menyalurkan berbagai bantuan sosial kepada masyarakat, termasuk masyarakat di Bali, yang terdampak pandemi Covid-19 dalam penerapan PPKM Darurat. Total bantuan sosial untuk masyarakat yang sudah direalisasikan sejak Januari sampai Juli 2021 dari Kementerian Sosial RI sebesarRp 449 miliar.

Selain itu, juga ada bantuan langsung tunai dana desa (BLTDD) dari Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal RI sebesar Rp 160 miliar, bantuan produktif usaha mikro (BPUM) dari Kementerian Koperasi RI sebesar Rp 287 miliar. *nat

Komentar