nusabali

Bupati Sanjaya Serahkan Bantuan kepada Masyarakat

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-serahkan-bantuan-kepada-masyarakat

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menyalurkan sejumlah bantuan kepada masyarakat di Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan pada Rabu (21/7).

Bantuan yang disalurkan ini antara lain, Bantuan Sosial Tunai (BST) Program Keluarga Harapan (PKH) dan program sembako. Bupati Sanjaya didampingi Sekda Tabanan I Gede Susila, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabanan I Nyoman Gede Gunawan, pihak ketiga yang membantu penyaluran bantuan, serta perangkat Desa Tua, Kecamatan Marga. Bupati Sanjaya menyatakan, bantuan yang diberikan kepada masyarakat ini sebagai bentuk kepedulian  pemerintah terhadap masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Apalagi sekarang tengah dilakukan kegiatan PPKM darurat. "Ini adalah wujud perhatian langsung dari pemerintah terhadap masyarakat. Intinya membantu meringankan beban hidup masyarakat saat terhimpit musibah yang sudah hampir 1,5 tahun lamanya,” ujar Bupati Sanjaya.

Kata dia, pendistribusian bantuan ini adalah wujud komitmen dari pemerintah pusat sampai ke daerah, serta aksi Pemkab Tabanan yang senantiasa siap dan sigap dalam penyaluran bantuan sesuai dengan arahan Presiden. "Bantuan yang diberikan disalurkan kepada masyarakat secara tepat dan merata," tegas Bupati Sanjaya.

Kepala Dinas Sosial Tabanan Nyoman Gede Gunawan menerangkan, program PKH sudah berjalan sejak tahun 2012. Mereka yang mendapat bantuan ini harus masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dengan memenuhi 3 komponen. Pertama masalah pendidikan ,yang kedua masalah kesehatan, seperti untuk ibu hamil dan balita dengan subsidi Rp 750 ribu per tiga bulan, program sosial lainnya yang dikhususkan untuk disabilitas dan lansia dengan subsidi Rp 600 ribu per tiga bulan.

"Untuk program sembako ini adalah inovasi dari BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), di mana dana akan masuk langsung ke rekening masyarakat, yang nantinya bisa ditukarkan dengan sembako dan kebutuhan pokok, jadi tidak mungkin salah sasaran," imbuh Nyoman Gunawan.

Dan program selanjutnya adalah BST dengan jumlah penerima di Tabanan sebanyak 17.252 penerima dari pemerintah melalui Kementerian Sosial, dan akan didistribusikan langsung melalui kantor pos. "Selama masa PPKM darurat ini nantinya akan ada tambahan bantuan, yaitu bantuan beras yang sudah disiapkan oleh Bulog," tegas Nyoman Gunawan. *des

Komentar