nusabali

Keris Bali Klungkung Bagi-Bagi Nasi Kotak

  • www.nusabali.com-keris-bali-klungkung-bagi-bagi-nasi-kotak

SEMARAPURA, NusaBali.com - Melewati perempatan Satria, Kecamatan Dawan, Klungkung, Rabu (21/7/2021) sore, sekitar 10 pemuda berada di dekat trotoar depan gedung Pesamuhan Puri Satria Kawan.

Sekilas tampak dalam rangka penyekatan selama PPKM Darurat 3-20 Juli 2021.  Namun yang dilakukan ternyata membagikan nasi kotak kepada pengendara atau masyarakat yang membutuhkan, yang kebetulan melewati kawasan Puri Satria Klungkung tersebut.

Adalah Yayasan Kesatria Keris Bali (Keris Bali) yang secara spontanitas mengadakan kegiatan tersebut. “Kegiatan kami Yayasan Kesatria Keris Bali, khususnya di wilayah Klungkung pada hari ini yaitu giat sosial membagikan nasi kotak kepada masyarakat yang kebetulan lewat di jalan perempatan satria, Dawan, Klungkung,” terang Komang Sudika, Ketua Yayasan Kesatria Keris Bali Unit Kecamatan Klungkung ketika ditanya di sela kegiatan.

Menurutnya, dalam situasi diberlakukannya PPKM Darurat, masyarakat juga terdampak secara ekonomi. Karena itu Keris Bali berinisiatif mengadakan kegiatan bagi-bagi makanan ini. Ia mengatakan kegiatan ini dilakukan secara spontan karena Keris Bali selalu siap berbuat dengan setulus hati dan setulus ikhlas kapan pun diperlukan oleh masyarakat.

Ia pun menambahkan jika nasi kotak yang dibagikan dimasak oleh pihak Keris Bali sendiri agar setiap porsi nasi kotak yang diberikan jumlahnya lebih mencukupi.

Sebelumnya, ujar Sudika, pihaknya juga telah melakukan kegiatan serupa di wilayah Desa Gelgel. Sementara untuk kegiatan selanjutnya, bagi-bagi nasi kotak rencananya akan dilakukan di wilayah Desa Kusamba, Dawan, Klungkung pada Sabtu (24/7/2021) nanti.

Sudika berharap masyarakat tidak menilai pemberian Keris Bali dari jumlah yang diterima melainkan melihat niat dan ketulusan yang ditunjukkan Keris Bali untuk menyama braya dengan masyarakat, dalam hal ini masyarakat Klungkung. “Kapan pun kami dibutuhkan kami selalu siap melakukan kegiatan sosial,” ujarnya.

Sudika menjelaskan jika Keris Bali merupakan yayasan yang bergerak di bidang sosial untuk menjaga budaya Bali. Menurutnya Yayasan Kesatria Keris Bali memiliki visi misi menjaga adat dan budaya Nusantara, serta tulus ikhlas menjaga taksu Bali, satya nindihin gumi Bali.

“Termasuk donor darah, membagikan sembako, seperti hari ini membagikan nasi bungkus,” imbuh Sudika.  

Yayasan Kesatria Keris Bali diinisiasi oleh I Ketut Putra Ismaya Jaya dan diresmikan pada 6 September 2020. Peremian sendiri, kebetulan dilakukan di wilayah Klungkung, tepatnya di Pendopo Puri Agung Klungkung. *adi

Komentar