nusabali

Warga Kodam IX/Udayana Bagikan 1.620 Kantong Daging Kurban

  • www.nusabali.com-warga-kodam-ixudayana-bagikan-1620-kantong-daging-kurban

DENPASAR, NusaBali.com - Masih dalam suasana Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, warga Kodam IX/Udayana melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih sebanyak 39 ekor hewan kurban di Lingkungan Asrama Sudirman Denpasar pada Rabu (21/7/2021).

Dalam pelaksanaannya ditandai dengan penyerahan hewan kurban secara simbolis oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak  MSc kepada Ketua Panitia Ibadah Kurban Masjid Agung Sudirman.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam IX/Udayana mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, mohon maaf lahir dan bathin.  “Di tengah kondisi Covid-19 ini, mari kita harus selalu mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sampai saat ini kita masih diberikan kesehatan. Terkait ibadah kurban yang dirayakan setiap satu tahun sekali, kalau kita melihat maknanya adalah mengingatkan kembali, tapi perjalanan sehari-harinya jangan kita menunggu tahun depan kembali. Di mana kalau kita memang ada rezeki, teruslah kita berbagi,” ujar Pangdam.

Ia menambahkan pada situasi saat ini, banyak saudara-saudara kita yang sangat memerlukan bantuan dan mudah-mudahan pembagian daging kurban ini dapat sedikit bermanfaat serta mungkin ke depan juga ada program-program lagi supaya bisa lebih spesifik ke masyarakat.

“Mudah-mudahan juga, nanti kita bisa bikin program sedikit-sedikit seperti apa yang sudah dilakukan Kodam IX/Udayana tentang air bersih yang sampai saat ini masih terus berjalan, dan di Bali khususnya sudah ada sembilan titik. Di mana masyarakat yang dulunya jauh untuk mengambil air dan bahkan harus membeli, sekarang tidak perlu lagi membeli dan bisa lebih mudah untuk mendapatkan air,” terang Pangdam.

Sementara selaku Ketua Panitia Ibadah Kurban Masjid Agung Sudirman, Mayor Inf H Nur Hidayat SAg, melaporkan bahwa panitia kurban yang terlibat dalam pelaksanaannya berpedoman pada protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

“Untuk penerimaan hewan kurban dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut yaitu mulai tanggal 17-19 Juli 2021 dengan hasil sembilan ekor sapi dan 30 ekor kambing yang selanjutnya nanti  akan disalurkan sebanyak 1.620 kantong daging kepada masyarakat Lingkungan Asrama Sudirman dan sekitarnya serta ke Yayasan/Panti Asuhan,” terang Mayor Nur Hidayat.

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa kegiatan pemotongan dan penyaluran hewan kurban tetap menerapkan prokes yaitu menggunakan masker, pembatasan masyarakat yang hadir khusus panitia saja, dan untuk penyaluran daging kurban akan diantar langsung oleh panitia, baik kepada masyarakat maupun panti asuhan yang telah terdaftar.

Turut hadir dalam acara tersebut di antaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Ketua dan Pengurus Persit KCK PD IX/Udayana serta perwakilan para Dan/Kabalakdam IX/Udayana.

Seperti diketahui, SE Kemenag Nomor 17 Tahun 2021, menganjurkan pelaksanaan pemotongan hewan kurban dilakukan pada 11- 13 Dzulhijjah 1442 H atau 21-23 Juli 2021, untuk menghindari adanya kerumunan bertepatan hari Idul Adha. Meskipun sejatinya menurut hukum Islam pemotongan hewan kurban sudah dapat dilakukan pada 10 Dzulhijjah atau untuk tahun ini tepat pada hari Idul Adha tanggal 20 Juli 2021. *adi

Komentar