nusabali

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas Abang I Diundur

  • www.nusabali.com-peletakan-batu-pertama-pembangunan-puskesmas-abang-i-diundur

AMLAPURA, NusaBali
Peletakan batu pertama pembangunan gedung Puskesmas Abang I di Banjar Tista Gede, Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem diundur dari jadwal awal, Buda Umanis Prangbakat, Rabu (14/7).

Meski demikian pembangunan tetap berlanjut dan peletakan batu pertama menunggu dewasa ayu atau hari baik. Pembangunan Puskesmas Abang I dengan anggaran Rp 4,84 miliar bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

Kadis Kesehatan Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama mengatakan, Puskesmas Abang I dibangun di lahan 30 seluas are. Sesuai gambar, pembangunan gedung Puskesmas Abang 1 dua lantai. Lokasi Puskesmas berdampingan dengan SMPN 6 Abang dan SMAN Abang. “Pembangunan Puskesmas Abang I telah lama direncanakan. Sebab gedung yang digunakan saat ini, berlokasi di Banjar Abang Kaler kurang refresentatif,” jelas Gusti Bagus Putra Pertama didampingi Kabid Pelayanan Kesehatan I Ketut Bawa saat meninjau pembangunan di Banjar Tista Gede, Desa Tista, Selasa (20/7).

Di lokasi pembangunan Puskesmas Abang I juga ada gedung Puskesmas Pembantu Desa Tista yang merupakan perpanjangan dari wilayah kerja Puskesmas Abang I. “Gedung Puskesmas Pembantu Desa Tista akan diputihkan setelah pembangunan Puskesmas Abang I tuntas,” jelas lulusan Manajemen Rumah Sakit Undiknas Denpasar tahun 2018 ini. Selama ini Puskesmas Abang I tidak melayani rawat inap karena ruangan sempit, kurang representatif, dan kurangnya tenaga medis serta dukungan fasilitas kesehatan lainnya.

Pelayanan Puskesmas Abang I hanya poli umum, poli kesehatan ibu dan anak, poli lansia, poli anak dan MTBS, poli gigi, laboratorium, pelayanan farmasi, dan pelayanan konseling. Puskesmas Abang I didukung 3 dokter umum, 1 dokter gigi, dan 60 staf. Setelah pembangunan Puskesmas Abang I di Banjar Tista Gede tuntas maka melayani rawat inap. “Otomatis ada tambahan tenaga dokter dan fasilitas kesehatan sesuai yang dibutuhkan. Ada formasi CPNS tenaga dokter untuk Puskesmas Abang I,” ungkap Gusti Putra Pertama yang juga Koordinator Bidang Kesehatan Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem.

Kepala Puskesmas Abang I, dr Komang Wirya membenarkan peletakan batu pertama untuk pembangunan Puskesmas Abang I diundur sampai batas waktu belum ditentukan. Masih menyesuaian dewasa ayu atau hari baik. Wilayah kerja Puskesmas Abang I meliputi delapan desa yakni Desa Tista, Desa Tri Buana, Desa Abang, Desa Tiyingtali, Desa Ababi, Desa Pidpid, Desa Kesimpar, dan Desa Nawakerti. *k16

Komentar