nusabali

Bupati Giri Prasta Ikuti Vidcon Pengarahan Presiden

Terkait Penanganan Covid-19

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-ikuti-vidcon-pengarahan-presiden

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengikuti rapat koordinasi (rakor) dan pengarahan Presiden RI Joko Widodo kepada seluruh Kepala Daerah, Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia terkait Penanganan Covid-19 dari Rumah Jabatan Bupati Puspem Badung, Senin (19/7).

Rakor yang dilaksanakan secara virtual turut diikuti Wakil Presiden Republik Indonesia, Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri serta Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia.

Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo dalam arahannya menyampaikan penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) serta tracing dan testing perlu ditingkatkan secara signifikan. Perilaku masyarakat perlu didorong untuk mematuhi prokes melalui kampanye secara sistematis di masyarakat yang melibatkan berbagai kalangan dan operasi yustisi untuk menegakan disiplin prokes. “Termasuk juga mendorong strategi tracing dan testing yang tepat sasaran, vaksinasi secara massif sesuai target,” ajak Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menyampaikan, pembangunan pusat karantina dan isolasi, fasilitas karantina terpusat disediakan untuk pasien asymptomatic dan ringan, sehingga rumah sakit tidak penuh demi mencegah penularan dalam keluarga. Setiap daerah yang memiliki jumlah kasus yang tinggi agar menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai untuk menangani pasien OTG dan gejala ringan. Juga harus menerapkan manajemen perawatan Covid-19 dengan cara menerapkan standar protokol terapi penanganan pasien serta memastikan setiap rumah sakit rujukan memiliki bed capacity, medical supplies, dan equipment yang memadai untuk menjalankan prokes tersebut.

“Ini harus kita lakukan secara bersama-sama di seluruh daerah Indonesia, koordinasi dan sinergitas harus kita tingkatkan karena kita tidak bisa melakukan ini sendiri. Dan mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini nanti berdampak pada penurunan angka Covid-19 yang kita tidak tahu kapan berakhir,” kata Presiden Jokowi. *ind

Komentar