nusabali

Pendaftaran CPNS dan PPPK Diperpanjang hingga 26 Juli

  • www.nusabali.com-pendaftaran-cpns-dan-pppk-diperpanjang-hingga-26-juli

DENPASAR, NusaBali
Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kota Denpasar diperpanjang.

Mulanya, pendaftaran direncanakan berakhir, Rabu (21/7) hari ini, namun diperpanjang hingga 26 Juli 2021. Perpanjangan ini sesuai dengan surat dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) nomor 6201/B-KS.04.01/SD/K/2021 tentang Penyesuaian Jadwal Tahapan Pelaksanaan Seleksi Calon ASN Tahun  2021.

Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk mengikuti seleksi Calon Aparatur Sipil Negara tahun 2021. "Maka dari itu perlu dilakukan perpanjangan masa pendaftaran dan penyesuaian jadwal tahapan pelaksanaan seleksi Calon ASN Tahun 2021," kata Kepala BKPSDM Kota Denpasar, I Wayan Sudiana saat dihubungi, Selasa (20/7).

Dengan adanya perpanjangan jadwal ini, maka jadwal Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi diundur menjadi tanggal 2-3 Agustus 2021. Masa sanggah tanggal 4-6 Agustus, jawab sanggah tanggal 4-13 Agustus, serta pengumuman pasca sanggah tanggal 15 Agustus 2021.

Sudiana mengatakan Formasi CPNS Tahun 2021 ini dibagi menjadi dua, yakni formasi umum dan formasi khusus. Untuk formasi khusus diperuntukan bagi lulusan terbaik, diaspora, dan disabilitas yang formasinya ditentukan Pemerintah Pusat.

“Tahun ini Pemkot Denpasar dijatah sebanyak 123 Formasi CPNS yang tersebar di seluruh OPD di Lingkungan Pemkot Denpasar. Dan untuk PPPK sebanyak 1.169 orang,” ungkapnya. Sudiana mengatakan sebelumnya, pihaknya mengajukan sebanyak 675 formasi CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI. Namun, setelah dilakukan verifikasi yang diterima sebanyak 123 formasi.

“Formasi yang dicari, yakni jurusan Ekonomi dan Akuntansi mulai dari SMK, D3, hingga S1. Untuk SMK hanya 1 orang,” ujar Sudiana. Sementara formasi yang paling banyak akan ditempatkan di Inspektorat sekitar 20 orang. “Sisanya akan ditempatkan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemkot Denpasar,” ungkapnya.

Menurut Sudiana, saat ini formasi CPNS yang tidak dicari adalah tenaga kesehatan, sebab tenaga kesehatan sudah dipenuhi di tahun 2019 lalu. Pengajuan formasi tersebut sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Kami ajukan CPNS ini sesuai arahan Kemenpan-RB. Karena di tahun 2020 tidak ada pengajuan karena Covid-19, jadi kami ajukan sekaligus di tahun 2021. Sehingga jumlah pengajuan diakumulasi,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk formasi guru dipenuhi melalui pengadaan PPPK. Guru ini akan ditempatkan di beberapa SD maupun SMP di Denpasar. Untuk Denpasar mendapat jatah 1.169 formasi. “Kami ajukan sebanyak 1.200-an formasi, tapi yang diterima 1.169 formasi. Itu disesuaikan dengan kebutuhan guru yang ada di Data Pokok Pendidikan (Dapodik),” tandasnya. *mis

Komentar