nusabali

Gerai Vaksin Presisi Polres Gianyar Sudah Layani Lebih 6.000 Warga

  • www.nusabali.com-gerai-vaksin-presisi-polres-gianyar-sudah-layani-lebih-6000-warga

GIANYAR, NusaBali.com – Sedikitnya 6.000 warga sudah mendapatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 dari Polres Gianyar melalui program Gerai Vaksin Presisi.

Tenaga kesehatan yang bertugas pada gerai vaksin presisi Polres Gianyar pun, berasal dari Polri yang bertugas di Klinik Pratama Bhayangkara Polres Gianyar.  Adapun jenis vaksin yang digunakan, yaitu CoronaVac, dari Biofarma.

“Dari awal pelaksanaan vaksinasi pada 3 Juli hingga 19 Juli 2021,  Polres Gianyar telah melayani kurang lebih total 6000 masyarakat,” kata Kabag Sumda Polres Gianyar Kompol I Ketut Suartika Adnyana.

Adapun mekanisme pelaksanaan vaksinasi di Polres Gianyar, yakni, warga harus memperoleh atau mengambil nomor antrean di GOR Kebo Iwa Gianyar. Setelah itu mengisi data formulir yang telah tersedia di Polres Gianyar. Menyertakan KTP, dan apabila tidak memiliki KTP dapat menggunakan KK.



Setelah itu menunggu pemanggilan pengecekan kesehatan, sebagai kelayakan vaksinasi. Kemudian warga akan diberikan vaksin, dan mendapatkan observasi efek dini vaksin, sembari menunggu pembuatan surat keterangan vaksinasi yang akan langsung diperoleh pada saat vaksinasi. “Vaksinasi oleh Polri 100 persen, gratis,” tegas Kompol I Ketut Suartika Adnyana.

Tiap hari sekitar 250 orang mendapatkan pelayanan program yang digelar Polri dan TNI tersebut. “Selain untuk kesehatan, menimbulkan imunitas tubuh dari virus Covid-19. Sekarang vaksin juga menjadi salah satu syarat untuk bepergian, jadi saya merasa termudahkan dengan adanya gerai vaksin presisi oleh Polri ini,” ujar Mutawali, warga asal Pejeng Gianyar yang mengikuti vaksinasi pada senin (19/7/2021).

I Ketut Suartika Adnyana menambahkan bahwa, meskipun kegiatan vaksinasi telah gencar dilaksanakan. Masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mengingat adanya varian baru virus Covid-19, yang dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

“Harus selalu waspada, dan disiplin menerapkan prokes. Jika bisa, tidak usah bepergian dulu kalau kepentingannya tidak mendesak. Itu juga bertujuan untuk menekan angka Covid-19, demi keamanan dan kenyamanan bersama,” tambahnya.

Lebih lanjut I Ketut Suartika Adnyana mengungkapkan, bahwa antusias masyarakat dalam menyambut gerai vaksin presisi di Polres Gianyar terbilang baik. Terbukti bahwa jatah maksimal per hari vaksinasi selalu penuh, dari awal pelaksanaan hingga 19 Juli 2021.  Vaksinasi akan dilaksanakan hingga 20 Juli 2021, bertepatan dengan hari terakhir PPKM Darurat.

Terakhir dalam kesempatannya, I Ketut Suartika Adnyana menekankan bahwa penerapan prokes di masa pandemi harus tetap dijaga. Masyarakat pun diimbau agar selalu menaati peraturan yang ada, karena peraturan itu tercipta sejatinya untuk mewujudkan kebaikan bersama. “Dengan disiplin menerapkan prokes dan menaati aturan. Diharapkan angka kasus Covid-19 berangsur-angsur turun. Dan pandemi dapat segera berakhir,” tutupnya. *rma

Komentar