nusabali

Kantor Pos Belum Terima Transfer Dana BST

  • www.nusabali.com-kantor-pos-belum-terima-transfer-dana-bst

AMLAPURA, NusaBali
PT Pos Indonesia Cabang Amlapura belum terima transfer dana BST (bantuan sosial tunai) dari Kementerian Sosial yang rencananya dicairkan untuk Mei-Juni 2021.

Penerima BST di Kabupaten Karangasem sebanyak 6.693 KK dengan dana sebesar Rp 4,015 miliar. Masing-masing KK dapat Rp 300.000 per bulan.  Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Amlapura Ni Ketut Seriyani mengungkapkan belum menerima transfer dana BLT dari Kemensos RI. Daftar nama penerima juga belum dikirim ke kantor Pos sehingga belum bisa berkoordinasi dengan Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem terkait teknis pencairan dana karena menghadirkan warga. “Kami masih menunggu informasi dari pusat,” jelas Ketut Seriyani, pejabat dari Banjar Tumbu Kelod, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Jumat (16/7).

Ketut Seriyani menambahkan, telah mendahului berkoordinasi dengan petugas Dinas Sosial Karangasem dan Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem. “Secara teknis kami sudah siap membagikan BST jika dana telah ditransfer,” ungkap istri Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Karangasem I Wayan Putu Susila ini. Diakui, pencairan BST pada Januari-April tidak menemui kendala. Hanya saja kali ini masih PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) darurat, maka jadwal pencairannya bisa diperpanjang agar warga yang datang terbatas dan tidak menimbulkan kerumunan. Sesuai daftar penerima BST Januari-April sebanyak 6.693 KK.

Kadis Sosial Karangasem I Gede Basma mengakui telah berkoordinasi dengan petugas PT Pos Indonesia Cabang Amlapura. “Kami juga belum dapat informasi dari Kementerian Sosial terkait dana BST. Belum dapat surat pemberitahuan rencana realisasi BST, makanya belum bisa melakukan sosialisasi ke perbekel dan lurah se-Karangasem,” lanjut Ketua PSAK (Pretisentana Sira Arya Kanuruhan) Kecamatan Kubu, Karangasem ini. Diakuinya sejumlah perbekel sudah mempertanyakan realisasi BST bulan Mei-Juni. *k16

Komentar