nusabali

Antusias Mahasiswa Tinggi, Pendaftaran Pertamuda 2021 Diperpanjang

  • www.nusabali.com-antusias-mahasiswa-tinggi-pendaftaran-pertamuda-2021-diperpanjang

JAKARTA, NusaBali.com – Antusias tinggi mahasiswa tanah air mengikuti Kompetisi Ide Bisnis Pertamuda atau Pertamina Muda - Seed & Scale’ membuat batas pendaftaran gelaran Pertamina ini diperpanjang seminggu ke depan.

Dari rencana ditutup Jumat (16/7/2021), kini batas waktu menjadi Jumat (23/7/2021). Jumlah peserta yang tinggi menujukkan besarnya minat mahasiswa untuk membangun start up bisnis.
 
“Hingga tanggal 16 Juli 2021, tercatat sudah 1.400 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) mulai Aceh hingga Papua mendaftar sebagai peserta,” kata Fajriyah Usman, Pjs Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations PT Pertamina (Persero).

Nantinya, setelah pendaftaran ditutup tanggal 23 Juli 2021 maka seluruh data peserta yang masuk akan melalui proses filtering administrasi dan dilanjutkan proses kurasi. “50 peserta yang lolos kurasi akan diumumkan pada tanggal 2 Agustus 2021 untuk bersiap mengikuti Demoday di Bali pada Agustus 2021,” kata Fajriyah.

Demoday Pertamuda 2021 berisi agenda mentoring/pitching session dan penjurian untuk menyeleksi 25 besar peserta, dan kemudian menentukan 3 pemenang Pertamuda 2021 yang mendapatkan dana permodalan awal senilai Rp. 100 juta per orang.

Pasca Demoday, 50 peserta akan dilakukan monitoring selama 10 bulan untuk memantau perkembangan gagasan bisnisnya. Khusus pada 3 pemenang yang juga akan dilakukan visitasi menjelang akhir monitoring.

Fajriyah menambahkan kegiatan perdana Pertamuda Seed and Scale 2021 yang mengambil slogan ‘Menebar Energi Membangun Negeri’ ini adalah salah satu bentuk komitmen Pertamina mendukung perkembangan startup di Indonesia. 

“Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) khususnya yang bergerak di bidang energi, Pertamina senantiasa berupaya membina sinergi antara dunia industri dan perguruan tinggi guna tercapainya inovasi dan kemajuan bangsa yang berkesinambungan,” ujar Fajriyah. 

Hal ini, lanjut Fajriyah,  sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan poin 8 di mana Pertamina ikut berpartisipasi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak untuk semua.

“Sinergi Pertamina dengan Perguruan Tinggi selama ini telah dilakukan secara terus-menerus, baik lewat kontribusi dalam pelaksanaan program pendidikan, bantuan pengadaan sarana dan prasarana, pembinaan sumber daya manusia, dan berbagai kerja sama lainnya yang mendudukkan perguruan tinggi sebagai kawah candradimuka pencetak generasi-generasi penerus pembangunan bangsa,” kata Fajriyah.

Di tahun 2021 ini Pertamina kembali hadir di tengah-tengah civitas akademika perguruan tinggi di Indonesia dengan membawa warna yang berbeda. Bukan hanya meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang industri di sektor energi, ataupun memotivasi generasi muda mengisi lini-lini strategis sektor energi Indonesia, lebih dari itu Pertamina mengajak kalangan mahasiswa untuk berkompetisi, mengadu ide dan gagasan bisnis yang inovatif, lewat ajang ‘Pertamuda: Seed & Scale 2021’.

Sebelumnya rangkaian kegiatan dimulai dari Webinar dan Kick off pada tanggal 17 Juni lalu yang dibuka oleh Dirut Pertamina Nicke Widyawati yang menandai dimulainya  Pertamuda 2021. Dilanjutkan dengan empat seri workshop gratis yang terbuka untuk mahasiswa dan start up bisnis di Indonesia. *mao

Komentar