nusabali

Bupati Suwirta Dorong Guru Menulis Karya Ilmiah

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-dorong-guru-menulis-karya-ilmiah

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mendorong para guru untuk aktif menulis karya ilmiah.

Dorongan ini disampaikan saat Bupati membuka Workshop Online Strategi Penulisan dan Penerbitan Artikel Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru, dari ruang kerja bupati, Kamis (15/7).

Kegiatan ni diprakarsai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Klungkung. Kerja sama ini serangkaian pelaksanaan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan upaya peningkatan profesionalisme guru.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, meskipun kita tengah menerapkan PPKM Darurat. Namun kegiatan ini bisa tetap berjalan tanpa harus berkumpul karena melalui daring (dalam jaringan)," ujar Bupati Suwirta.

Melalui acara ini, Bupati Suwirta berharap guru dapat memahami dan semakin terampil dalam menulis karya ilmiah, mengetahui kaidah dalam penerbitan karya ilmiah, serta mengetahui cara mengakses bahan bacaan ilmiah sebagai referensi. "Sehingga karya ilmiah tersebut menjadi acuan yang terpercaya dalam peningkatan mutu pendidikan, " ujar Bupati Suwirta.

Kepada para narasumber, Bupati Suwirta berharap untuk bisa memberikan ilmu dan pengalamannya agar para guru di Klungkung mampu menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas, dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan itu pula, Perpustakaan di Klungkung bisa mengikuti perkembangan penulisan karya ilmiah. "Nanti setelah selesai acara ini, para guru supaya mampu menghasilkan artikel karya ilmiah sebanyak- banyaknya untuk memperkaya perpustakaan," ujar Bupati Suwirta.

Menurut Bupati, penulisan karya ilmiah yang dapat dipertanggungjawabankan termasuk bagian dari visi/misi bupati, dalam mewujudkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung I Komang Gde Wisnuadi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam menulis artikel ilmiah, serta meningkatkan keterampilan guru dalam melakukan penelusuran literatur untuk artikel ilmiah. "Selain itu juga untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar dan sumber penelitian," ujar Wisnuadi.

Peserta workshop ini 251 orang, terdiri dari 170 orang dari Kabupaten Klungkung dan 81 orang dari luar Kabupaten Klungkung. Peserta merupakan guru dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Workshop dilaksanakan secara daring (online), 15 - 18 Juli 2021, menghadirkan narasumber  yakni Dr Sofyan MPd dari Universitas Jambi, Dr I Wayan Widana MPd dari Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, Dedi Mulyadi SSos dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi, dan Rees Jati Prakasa SIP dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung. *wan

Komentar