nusabali

Pelamar CPNS Tembus 1.120 Orang

Formasi Dokter Spesialis Masih Banyak Kosong

  • www.nusabali.com-pelamar-cpns-tembus-1120-orang

Waktu pendaftaran CPNS yang buka Rabu (30/6) lalu akan berakhir pada Rabu (21/7) mendatang.

SINGARAJA, NusaBali
Dua pekan dibuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Buleleng, jumlah pelamar sudah mencapai 1.120 orang. Seribuan jumlah pelamar tersebut hanya untuk formasi CPNS Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis, dengan 231 formasi yang dibuka tahun ini. Sedangkan pelamar Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K) langsung ditangani oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buleleng Ni Luh Made Enny Widhiyati, dihubungi Kamis (15/7) kemarin mengatakan, jumlah pelamar belum finish. Waktu pendaftaran CPNS yang buka Rabu (30/6) lalu akan berakhir pada Rabu (21/7) mendatang. Sehingga peluang penambahan pendaftar masih sangat tinggi dengan sisa waktu yang tersisa.

“Jumlah pelamar yang sudah masuk di sistem terakumulasi per tanggal 14 Juli kemarin. Secara umum dari 94 formasi tenaga teknis pelamar terbanyak ada di formasi auditor, kemudian di tenaga kesehatan dengan 137 formasi pelamar terbanyak pada formasi perawat,” jelas Enny Widhiyati seizin Kepala BKPSDM Buleleng I Gede Wisnawa.

Enny pun menjelaskan dari puluhan formasi yang dibuka untuk Kabupaten Buleleng tahun ini, rata-rata sudah terisi. Namun ada pula formasi yang masih kosong belum ada pelamar. Seperti formasi dokter spesialis yang memang jumlah formasi yang dibuka tahun ini cukup banyak. Dari 20 formasi dokter spesialis yang dicari tahun ini, ada 11 formasi dokter spesialis yang belum terisi. Seperti dokter spesialis gigi konservasi, spesialis anak, spesialis anastesi, spesialis bedah, spesialis bedah mulut, spesialis kandungan, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis paru, spesialis patogologi klinik, spesialis penyakit dalam dan spesialis urologi.

“Khusus untuk formasi dokter spesialis memang tahun ini Buleleng dapat jatah cukup banyak. Tetapi yang baru terisi itu formasi dokter spesialis syarat, spesialis THT, spesialis jantung, orthopedi yang sudah ada, sisanya masih kosong,” imbuh Enny Widhiyati. Dari pengalaman seleksi CPNS tahun-tahun sebelumnya, formasi dokter spesialis memang sangat sedikit pelamarnya. Hal tersebut karena jumlah lulusannya terbatas.

Sementara itu sebelumnya diberitakan, Kabupaten Buleleng tahun ini mendapatkan kuota formasi seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 sebanyak 2.783 formasi. Sebanyak 2.552 formasi untuk P3K dan sisanya 231 formasi CPNS. *k23

Komentar