nusabali

Tambahan Lima Titik Vaksin Mulai Beroperasi

Capaian Vaksinasi Capai 70 Persen

  • www.nusabali.com-tambahan-lima-titik-vaksin-mulai-beroperasi

SINGARAJA, NusaBali
Lima titik vaksin di fasilitas umum di lima kecamatan di Buleleng mulai dibuka Rabu (14/7) kemarin.

Tempat vaksin yang memanfaatkan ruang terbuka berkapasitas besar itu melayani vaksin warga yang tercecer. Penambahan lima titik vaksinasi tersebut salah satu upaya percepatan vaksinasi untuk mencapai target 70 persen penduduk Buleleng.

Pelaksanaan vaksin di lima titik tambahan itu meliputi Kecamatan Banjar bertempat di SMPN 1 Banjar,  Kecamatan Busungbiu dan Kecamatan Seririt menggunakan kantor camat setempat, Kecamatan Gerokgak di Balai Desa Pejarakan,  Kecamatan Buleleng di Gedung Kesenian Gde Manik. Peninjauan langsung dilakukan Wakil Ketua Satgas I Nyoman Sutjidra didampingi Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Gede Suyasa di Kecamatan Banjar.

Usai melakukan peninjauan,  Suyasa mengatakan, pelaksanaan tambahan titik vaksinasi merupakan upaya percepatan vaksinasi 70% untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity). Dia pun menilai  pelaksanaan vaksinasi sudah berjalan dengan baik. Mulai  dari penerapan prokes, sirkulasi masyarakat sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Pengawasan ketat juga  sudah dilakukan  TNI-Polri. Namun evaluasi peninjauan kemarin pelaksanaan vaksin di Kecmatan Banjar disebut Sekda Buleleng ini kekurangan tenaga injektor.

“Kalau ini ditambah lagi satu, pastinya akan lebih banyak  masyarakat bisa divaksin. Besok akan kita tambahkan, agar target minimal 500 orang terlampaui  bahkan bisa 1.000 orang perhari,” jelas Suyasa. Upaya percepatan vaksin pun terus dilakukan secara masif. Selain di titik vaksin tambahan, vaksinasi di masing-masing Puskesmas dengan jadwal dosis II dan di sekolah menyasar anak usia 12-17 tahun tetap berlangsung. Sehingga capaian vaksinasi di Buleleng untuk dosis I sudah mencapai 70,12 persen. Capaian itu setara dengan 419.500 orang warga Buleleng yang sudah tervaksin dari target total 598.295 orang.  Sedangkan capaian dosis II  baru berjalan 10,05 persen atau baru 60.110 orang. Selebihnya masih menunggu penjadwalan yang telah didapatkan.

Sementara itu ditemui di lokasi yang sama, Kapolsek Banjar Kompol Made Dwi Agus Wirawan didampingi Camat Banjar Arya Suardana, dan Danramil Banjar Kapten Gede Oka mengatakan, sinergitas TNI-Polri tidak hanya dalam pelaksanaan vaksinasi saja. Melainkan di setiap kegiatan selalu rembug, bersinergi terkait pola-pola pengamanan sebagai prosedur tetap  yang tidak boleh terabaikan.

Kompol Agus Dwi Wirawan juga mengatakan kolaborasi dengan Pemerintah Kecamatan dan TNI berjalan lancar, terutama dalam memberikan sosialisasi langsung kepada masyarakat, sehingga partisipasi vaksinasi kemarin cukup tinggi.  Perwira asal Kelurahan Banjar Tegal, Kecamatan/Kabupaten Buleleng ini pun terus mengimbau masyarakat tetap mentaati peraturan yang diedarkan pemerintah sehingga pandemi Covid-19 cepat berlalu. *k23

Komentar