nusabali

Donnarumma Pemain Terbaik Euro 2020

'New Iniesta' Pedri Menjadi Pemain Muda Terbaik

  • www.nusabali.com-donnarumma-pemain-terbaik-euro-2020

Di usia 22 tahun, Donnarumma mendapat anugerah ‘Pemain Terbaik’ dan menjadi penjaga gawang pertama yang memperoleh gelar terbaik di ajang Euro.

LONDON, NusaBali

Kiper tim nasional Italia Gianluigi Donnarumma dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Euro 2020 seusai kontribusi pentingnya jadi pahlawan dalam adu penalti di partai final melawan Inggris di Wembley, London, Minggu (11/7) atau Senin dini hari Wita.

Jajaran peninjau teknis dalam laman resmi UEFA memilih Donnarumma, yang menjadi kiper pertama yang pernah memenangi penghargaan individual tersebut sejak mulai dianugerahkan pada Euro 1996.

Donnarumma selalu tampil dalam tujuh pertandingan Italia di Euro 2020 dengan total menit bermain 719 menit, jauh lebih banyak dari semua peserta ajang itu.

Satu-satunya momen Donnarumma tak berada di bawah mistar gawang Italia terjadi pada menit-menit akhir pertandingan terakhir penyisihan Grup A melawan Wales, ketika Roberto Mancini memberi kesempatan Salvatore Sirigu tampil.

Solidnya pertahanan Italia memang turut membantu Donarrumma tak punya begitu banyak pekerjaan di Euro 2020, tetapi ketika dihadapkan pada 13 percobaan tembakan tepat sasaran dari lawan, kiper berusia 22 tahun itu mampu mengamankan sembilan di antaranya.

Peran penting Donnarumma begitu terlihat ketika Italia harus menjalani adu penalti dua kali di Euro 2020, yang terjadi di dua laga pemungkas. Dalam semifinal melawan Spanyol, Donnarumma mementahkan eksekusi penalti Alvaro Morata demi membuka jalan bagi Jorginho menyarangkan penalti kemenangan Italia menuju final.

Lantas di final, dua dari tiga eksekutor penalti Inggris yang gagal yakni Jadon Sancho dan Bukayo Saka berhasil dimentahkan oleh Donnarumma. Ketika Donnarumma mementahkan eksekusi penalti Saka, kiper yang kini berstatus tanpa klub itu berjalan tenang tanpa melakukan selebrasi berlebihan, seolah yang dilakukannya tak lebih dari kewajiban yang ia tunaikan dengan baik.

Sementara itu gelandang serang Spanyol, Pedri, menyabet penghargaan sebagai Pemain Muda Terbaik Euro 2020.

Dalam usia 18 tahun, Pedri jadi pilihan utama Luis Enrique untuk mengisi starting line-up di semua pertandingan Spanyol sepanjang Euro 2020.

Bahkan, ia tercatat hanya satu menit tidak bermain dari seluruh penampilan Spanyol saat ditarik keluar pada pengujung babak tambahan waktu perempat final melawan Swiss jelang adu penalti.

Statistik mencatat Pedri melahap jarak 76,1 km sepanjang penampilannya di Euro 2020 dengan akurasi umpan mencapai 92,3 persen serta bisa menggiring bola secara total sejauh 38,23 km dalam enam penampilan. Penampilan paling menterengnya terjadi saat ia sukses melakukan 65 dari 66 percobaan umpan dalam laga semifinal melawan Italia.

Pedri yang kini berseragam Barcelona kerap dibanding-bandingkan dengan legenda Blaugrana dan Spanyol, Andres Iniesta, tetapi Enrique berkata bahwa remaja 18 tahun itu mampu melampaui pendahulunya. "Apa yang Pedri lakukan di turnamen ini, dalam usia 18 tahun, tidak pernah dilakukan siapapun," kata Enrique. "Bahkan Andres Iniesta pun tidak melakukan itu, dia sangat luar biasa dan unik," ujarnya menambahkan.

Pedri menjadi pemenang kedua penghargaan Pemain Muda Terbaik Euro yang baru mulai dianugerahkan pada edisi 2016 dan kala itu diraih oleh gelandang Portugal Renato Sanches. 7ant

Komentar