nusabali

Bupati Teken NPHD, Segera Bangun Kampus Hindu di Bangli

  • www.nusabali.com-bupati-teken-nphd-segera-bangun-kampus-hindu-di-bangli

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta bersama Rektor Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa, Prof I Gusti Ngurah Sudiana menandatangani penerbitan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan serah terima hibah Barang Milik Daerah (BMD) di ruang Krisna Kantor Bupati Bangli, Senin (12/7).

Acara dihadiri Wabup Bangli I Wayan Diar, anggota DPRD Bangli dan anggota Forkopimda Kabupaten Bangli. Hibah Pemkab Bangli kepada UHN I Gusti Bagus Sugriwa berupa lahan untuk pembangunan kampus. Lahan ini berlokasi di Banjar/Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli. UHN I Gusti Bagus Sugriwa akan beraktivitas penuh di Bangli.

Bupati Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, penandatanganan NPHD merupakan agenda sangat bersejarah. Sebab Kabupaten Bangli memiliki Universitas Hindu Negeri ternama dan terbaik di Indonesia. Kabupaten Bangli bukan merupakan pemerintah yang kaya, tetapi memiliki komitmen besar untuk membangun SDM yang handal. “Sejarah membuktikan kejayaan di masa lampau, khususnya pada kerajaan Hindu Bali kuno. Sudah seyogyanya pusat budaya Hindu hadir di pusat peradaban Bali kuno yakni Kabupaten Bangli,” ungkap Bupati Sedana Arta.

Menurut Bupati Sedana Arta, semua perjalanan sesuai yang diharapkan. Semua pihak yang hadir memiliki peran besar, mulai proses awal sampai terwujud kerja sama ini. Disampaikan pula, Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa memiliki komitmen besar menjalankan kesepakatan yang sudah dibuat bersama dalam membangun Kabupaten Bangli. “Kami harap kesepakatan ini mendapatkan perhatian dari Ida Sang Hyang Widi Wasa sehingga semua bisa berjalan lancar. Kami mempunyai komitmen bersama dalam menciptakan SDM handal di masa mendatang,” tegas politisi PDIP asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini.

Rektor Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa, Gusti Ngurah Sudiana mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bangli yang telah menghibahkan lahan untuk pembangunan kampus di Kabupaten Bangli. Diakui sebelumnya kesulitan mendapatkan lahan yang representatif untuk pembangunan kampus. “Hibah tanah oleh Pemkab Bangli ini akan kami manfaatkan secara maksimal untuk pengembangan kampus maupun peningkatan SDM,” ungkap Gusti Ngurah Sudiana.  

Diakui lahan yang dihibahkan masih kurang dari kebutuhan ideal 50 hektare.  Kendati demikian, lahan ini sudah representatif untuk kampus. Pemkab Bangli menghibahkan tanah seluas 5,9 ha. Rektor asal Karangasem ini menyampaikan bahwa Gubernur Bali juga akan memberikan lahan. “Tentu ini akan memotivasi universitas untuk mengembangkan diri baik mengembangkan jurusan keagamaan maupun prodi-prodi lainnya,” ungkap Ketua PHDI Bali ini. Menurut Gusti Ngurah Sudiana, pada tanggal 11 September 2021 nanti akan mulai melakukan pemindahan rektorat ke Bangli. Sedangkan layanan akademik masih di Denpasar. *esa

Komentar