nusabali

Program TMMD di Empat Wilayah Segera Rampung

  • www.nusabali.com-program-tmmd-di-empat-wilayah-segera-rampung

DENPASAR, NusaBali
Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) setiap tahunnya digelar dengan menyasar daerah terpencil, terisolir, terluar hingga perbatasan negara. Manfaatnya pun sangat dirasakan masyarakat.

Hal ini sebagai upaya TNI untuk terus membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pemerataan pembangunan sesuai program pemerintah.

Demikian diungkapkan Waka Pendam IX/Udayana Letkol Kav Sigit Priyo Utomo, Senin (12/7) di Denpasar terkait pelaksanaan program TMMD ke-111 periode ke II tahun 2021 yang akan ditutup secara serentak, Rabu (14/7). Penutupan ditandai dengan penyerahan hasil pengerjaannya kepada pemerintah daerah.

"Terkait TMMD ke-111 di Kodam IX/Udayana yang dilaksanakan di 4 wilayah Kodim Jajaran di 3 provinsi (Bali, NTB dan NTT), rata-rata sudah hampir merampungkan sasaran fisik maupun sasaran tambahan. Ini sebagai wujud tanggung jawab dan komitmen TNI untuk selalu berjuang bersama rakyat," katanya.

Waka Pendam memaparkan, untuk di untuk di Provinsi Bali dilakukan pengerjaan pembangunan jembatan dan pembukaan lahan pertanian seluas 1,4 Hektar pada TMMD ke 111 Kodim 1623/Karangasem dan telah rampung 100%. Hasil dari sasaran tersebut tidak lepas dari sinergitas Satgas TMMD bersama masyarakat Desa Adat Bukit Galah, Banjar Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem.

"Dengan memanfaatkan lahan yang sebelumnya terlantar dan kini mulai ditanami tanaman jenis hortikultura seperti ketela pohon, talas, kacang undis, kangkung darat, kacang buncis dan jenis tanaman holtikultura lainnya yang memang cocok ditanam dengan kondisi udara yang sejuk di daerah tersebut," jelas Waka Pendam.

Untuk wilayah NTT dilaksanakan di dua wilayah yaitu di Kodim 1627/Rote Ndao dengan sasaran fisik berupa pembangunan irigasi sepanjang 500 meter. Sementara di Kodim 1604/Kupang membangun ruang kelas dan ruang guru di SMP setempat, serta merehab tempat ibadah dan juga melaksanakan pembukaan lahan pertanian sebagai sasaran tambahan yang berlokasi di Desa Sonraen seluas 70 are.

Selanjutnya, untuk sasaran fisik di wilayah Kodim 1620/Loteng (Provinsi NTB), dilaksanakan kegiatan pembukaan jalan baru di 5 desa diantaranya di Desa Bonjeruk, Desa Bilibante, Desa Sintung, Desa Aikbukak dan Desa Kawo.

"Semoga masyarakat dari lima desa yang berada di Kabupaten Lombok Tengah khususnya akan segera dapat memanfaatkan seluas-luasnya jalan tersebut sebagai akses untuk lebih meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan," harap Waka Pendam.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, Waka Pendam mengungkapkan bahwa dengan pemberlakuan PPKM Darurat mewajibkan semuanya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat, demikian juga yang diterapkan oleh seluruh Satgas TMMD dan masyarakat agar semuanya dapat diselesaikan dengan tepat waktu dan tepat sasaran sesuai perencanaan.

"Semuanya tidak terlepas dari tingginya kesadaran dan berkat kerjasama yang solid dilandasi azas gotong-royong dari berbagai pihak. Sehingga semua itu dapat teratasi dengan baik dan semoga melalui program TMMD ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat utamanya masyarakat desa," harapnya. *rez

Komentar