nusabali

Buku 'Kumpulan Doa Anak Hindu' Ini Memudahkan Anak-Anak Menghafal Doa

  • www.nusabali.com-buku-kumpulan-doa-anak-hindu-ini-memudahkan-anak-anak-menghafal-doa

GIANYAR, NusaBali.com –  Memupuk ketakwaan anak-anak harus dilakukan sedari kecil dengan membiasakan berdoa.  Untuk memudahkan, Dunia Sekar pun merilis buku ‘Kumpulan Doa Anak Hindu’  pada Sabtu (10/7/2021) lalu.

Buku ini dicetak berukuran A6 sehingga dapat dibawa ke mana pun dan kapan pun oleh anak-anak. Desain, warna-warnanya menarik, dan font huruf besar membantu anak-anak untuk cepat menghapal doa, seperti doa sebelum makan, doa sebelum  tidur hingga doa bepergian. Di bagian bawah doa yang disajikan, disertai pula dengan artinya.

Dengan kemudahan tersebut diharapkan anak-anak sejak dini memupuk ketakwaan beragama Hindu melalui doa sehari-hari yang terkandung di buku tersebut.

Dunia Sekar merupakan series buku agama Hindu untuk anak-anak, yang disajikan dalam bentuk cerita yang dapat dicerna dengan mudah oleh anak-anak. “Buku Kumpulan Doa Anak Hindu terwujud dalam rangka melatih anak-anak Hindu untuk menghafal doa.  Setidaknya doa yang bersifat ringan, atau sehari-hari, misalnya doa sebelum makan,” ujar Made Suardhini, salah satu penulis Dunia Sekar.

Dunia Sekar sendiri hadir sejak tahun 2016 dengan visi mewujudkan buku bacaan anak yang mudah dicerna dan menyenangkan untuk dibaca. Sampai saat ini sudah enam series yang diproduksi, yakni, Tat Twam Asi, Guru Rupaka, Tri Hita Karana, Ahimsa, Brahman, dan Kumpulan Doa Anak Hindu.

Suardhini pun menambahkan bahwa Dunia Sekar memiliki program donasi buku. Program tersebut adalah beli 1 sumbang 1. Program tersebut sudah berjalan sejak awal berdirinya Dunia Sekar, dan hingga saat ini sudah tersebar total 7.000 buah buku di seluruh Nusantara untuk anak-anak Hindu di mana pun berada.

“Bekerja sama dengan komunitas Hindu di Bali maupun luar Bali, seperti pasraman untuk membantu pendistribusian buku donasi tersebut. Program itu terlaksana adalah demi terwujudnya buku bacaan agama Hindu yang baik, asik, dan mudah dicerna oleh anak-anak,” tegasnya.

Lebih lanjut Suardhini menyatakan, kategori anak yang layak membaca buku series Dunia Sekar yakni anak-anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Alur cerita serta penokohan dalam masing-masing series dirancang sedemikian rupa, untuk menyesuaikan daya tangkap anak-anak.

“Selain memupuk kebiasaan anak untuk membaca buku, Dunia Sekar juga memiliki visi untuk menanamkan nilai-nilai luhur agama Hindu khususnya, kepada setiap individu anak yang membaca sehingga diharapkan dapat membantu pembentukan karakter anak, yang bernafaskan agama Hindu,” jelasnya.

Suardhini pun berharap dengan terbitnya buku Kumpulan Doa Anak Hindu tersebut, dapat membantu anak-anak dalam menghafal doa Hindu. “Tidak hanya berupa hafalan saja, namun diharapkan anak-anak seiring waktu rutin melakukan doa dengan konsisten dan berkelanjutan. Karena jika dilakukan dengan konsisten, maka si anak akan terbiasa, selain itu anak diharapkan memiliki karakter yang lebih stabil,” tutupnya. *rma

Komentar