nusabali

Disdikpora Gelar Lomba GTK dan Saraswati Awards

Motivasi GTP Lebih Inovatif, Kreatif dan Produktif

  • www.nusabali.com-disdikpora-gelar-lomba-gtk-dan-saraswati-awards

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng untuk pertama kalinya menggelar lomba Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) serta Saraswati Awards.

Kompetisi ini digelar sebagai penghargaan kepada GTK dan juga motivasi untuk lebih inovatif, kreatif dan produktif dalam proses pembelajaran. Kepala Disdikpora Buleleng Made Astika dihubungi Minggu (11/7) kemarin mengatakan, seluruh lomba dan penilaian untuk penerima penghargaan Saraswati Awards, sudah berproses sejak bulan Mei 2021 lalu. Penganugerahan akan dilakukan bulan November mendatang serangkaian dengan Hari Guru. “Lomba GTK dan Saraswati Awards ini untuk mengetahui dan menentukan sekolah, guru, kasek dan tenaga pendidikan, yang kreatif. Harapannya dengan kompetisi ini lebih banyak muncul guru, kasek dan tenaga pendidik yang berprestasi di bidang mereka masing-masing,” kata Astika. Kompetisi yang digulirkan pertama kali ini juga disebutnya untuk mendukung program merdeka belajar dan sekolah penggerak.

Seluruh proses kompetisi yang digelar dilaksanakan secara daring. Khusus untuk lomba GTK, untuk jenjang SMP diikuti oleh 210 peserta, kategori kepala sekolah, guru dan tenaga pendidik. Sedangkan untuk jenjang TK dan SD yang diikuti oleh 162 orang, saat ini sedang berproses.

“Peserta lomba ada yang buat esay terkait bidang lomba yang diikuti baik bidang inovatif, produktif hingga kompetitif. Mereka dituntut untuk memberikan inovasi dalam bidangnya masing-masing. Sedangkan untuk Saraswati Awards dinilai oleh tim pengawas, jelas melihat sejauh mana individu dalam manajerial tugas pokoknya, termasuk prestasi yang pernah diraih, jadi kriterianya banyak,” jelasnya.

Khusus untuk Saraswati Awards, untuk jenjang SMP,  sudah ditetapkan penerima penghargaan baik untuk kategori Kepala Sekolah. Melalui Surat Keputusan Kadisdikpora Buleleng Nomor : 420/6326/Skrt/VII/Disdik/2021, tentang Penetapan juara Lomba GTK  penerima Saraswati Awards jenjang SMP.

Untuk Kategori Kasek penerima penghargaan yakni, Putu Astabawa (Kasek SMPN 4 Sukasada), Putu Budiastana (Kasek SMPN 4 Singaraja), I Made Jimat (Kasek SMPN 3 Busungbiu) dan Ni Putu Karnadhi (Kasek SMPN 1 Singaraja). Sedangkan kategori Guru Saraswati Awards diberikan kepada Ni Luh Satriani dari SMP 3 Gerokgak, I Komang Bagiasa (guru SMPN 1 Singaraja), Gede Ariyasa (guru SMPN 2 Singaraja), Made Wiweka (guru SMPN 4 Singaraja) dan Putu Ira Sita (guru SMP 1 Singaraja). Terakhir untuk kategori sekolah, SMPN 1 Singaraja dan SMPN 4 Singaraja sebagai kandidat penerima penghargaan. *k23

Komentar