nusabali

SDN 4 Subagan Kebanjiran Siswa

Rekrut 63 Siswa Baru, Manfaatkan Perpustakaan untuk Kelas Tambahan

  • www.nusabali.com-sdn-4-subagan-kebanjiran-siswa

AMLAPURA, NusaBali 

SD Negeri 4 Subagan, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem merekrut 63 siswa untuk tahun ajaran 2021/2022. Kasek SDN 4 Subagan I Wayan Sarja memaparkan hal itu di Amlapura, Minggu (11/7).

"Nanti siswa baru untuk tahun ajaran 2021/2022, dibagi dua rombongan belajar. Total nantinya ada 12 rombongan belajar," jelas Kasek SDN 4 Subagan, yang juga mantan Sekretaris ORARI Lokal Karangasem.

Sehingga untuk memenuhi 12 ruang kelas, maka satu ruang belajar lagi memanfaatkan ruang perpustakaan. "Itu kalau dalam kondisi normal, selama pandemi Covid-19, belajar daring (dalam jaringan)," lanjut Kasek SDN 4 Subagan sejak tahun 2012, asal Lingkungan Galiran Kaler, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem.

I Wayan Sarja mengaku, sulit menolak siswa baru yang terus berdatangan mendaftar. Padahal masih banyak ada SD yang lain, yang juga lebih dekat misalnya SDN 7 Subagan, SDN 8 Subagan, dan sebagainya. "Saya juga tidak mengerti, kenapa lebih memilih ke SDN 4 Subagan, dan semua siswa baru yang mendaftar memenuhi syarat dari segi umur dan persyaratan administrasi lainnya," tambah alumnus STKIP Hindu Amlapura tahun 1992, dan alumnus S-2 Unhi Denpasar tahun 2010.

Selama ini SDN 4 Subagan didukung 18 guru, telah pula melakukan pembenahan. Sehingga memasuki tahun ajaran baru wajah sekolah tampil beda. "Fisik sekolah sudah saya percantik, jika nantinya dilaksanakan PTM (pembelajaran tatap muka), siswa lebih nyaman belajar," ujar mantan Kelian Banjar Adat Galiran Kaler, Kelurahan Subagan.

Dibagian lain, Kasek SDN 1 Antiga Kelod, Kecamatan Manggis Ni Komang Yuli Setiawati mengaku hanya dapat 22 siswa baru, sehingga total 112 siswa dari kelas I hingga kelas VI.  "Setiap tahun dapat siswa hanya untuk mencukupi satu kelas," jelas peraih juara Lomba Kasek SD se-Karangasem tahun 2019. *k16

Komentar