nusabali

Disdik Tabanan Instruksikan MPLS Digelar Secara Daring

  • www.nusabali.com-disdik-tabanan-instruksikan-mpls-digelar-secara-daring

TABANAN, NusaBali
Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 di Tabanan telah usai. Pada 12 Juli mendatang mulai dilaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Dinas Pendidikan (Disdik) Tabanan memastikan MPLS digelar secara daring. Proses MPLS digelar secara daring seiring berlakunya pemberlakuan  pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat sampai dengan 20 Juli 2021 mendatang.

“Selama masih masa PPKM darurat, pelaksanaan MPLS dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau online,” tegas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan I Nyoman Putra, Jumat (9/7).

Kata Nyoman Putra, pelaksanaan MPLS sepenuhnya diserahkan ke pihak sekolah. Namun prosesnya harus secara daring, tidak boleh menggelar secara luring (luar jaringan). “MPLS secara daring sudah kami informasikan ke seluruh sekolah,” imbuh Nyoman Putra.

Meskipun demikian, sangat mungkin ada beberapa sekolah yang tidak langsung melaksanakan MPLS pada hari pertama tahun ajaran baru, Senin (12/7).

“Mungkin ada (yang mundur). Tetapi intinya selama PPKM darurat, kami tetap mengikuti arahan substansi PPKM darurat,” tegas Nyoman Putra.

Di sisi lain, Nyoman Putra memastikan penerapan PTM yang telah disimulasikan dengan melibatkan seluruh pihak terkait, ditunda penerapannya. “Positif belum bisa (pembelajaran) tatap muka. Sampai 20 Juli 2021. Serta melihat situasi dan perkembangan lebih lanjut,” ucapnya.

Padahal sebelumnya Dinas Pendidikan telah menggelar simulasi PTM di Tabanan pada Rabu, 30 Juni 2021. Bahkan seluruh sekolah telah melakukan simulasi dengan konsep yang sama. Namun target pembelajaran PTM yang rencananya digelar 12 Juli 2021 nanti ditunda. *des

Komentar