nusabali

Bantuan Bibit Rumput Laut Nusa Penida Didatangkan Dari Situbondo

  • www.nusabali.com-bantuan-bibit-rumput-laut-nusa-penida-didatangkan-dari-situbondo

SEMARAPURA, NusaBali
Peningkatan jumlah petani rumbut laut di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, makin menuntut penambahan bibit rumput laut untuk dibudidayakan.

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Klungkung akan memfasilitasi penyediaan bibit rumput laut untuk petani setempat.  Bibit rumput laut tersebut akan didatangkan dari Balai Budidaya Perikanan Air Payau Situbondo, Jawa Timur. Balai ini di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Bantuan kepada enam kelompok budidaya rumput laut di Nusa Penida tersebut berupa kebun bersarana patok, tali, dan bibit. Rencananya tim dari Balai Budidaya Perikanan Air Payau Situbondo menggelar studi lapangan, sekaligus bertemu langsung dengan enam perwakilan kelompok tersebut, di Kantor DKPP Klungkung, Rabu (7/7). Namun, karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, maka pertemuan itu belum bisa dilakukan. "Studi lapangan ini untuk mendiskusikan dengan enam kelompok itu, jenis bibit apa saja yang diperlukan," ujar Kepala DKPP Klungkung I Dewa Ketut Sueta Negara, saat ditemui Kamis (8/6).

Dewa Sueta menambahkan, identifikasi lapangan oleh tim dari Balai Perikanan Air Payau Situbondo, sudah turun menemui enam kelompok petani yang akan menerima bantuan bibit rumput laut tersebut, Mei 2021. "Semoga situasi pandemi Covid-19 ini cepat berakhir, sehingga bantuan ini cepat tersalurkan," harap kepala dinas asal Desa Bungbungan, Kecamntan Banjarangkan, Klungkung ini.

Sebelumnya, penularan pandemi Covid-19 khususnya di Bali sejak Maret 2020, hingga kini belum ada tanda-tanda akan putus. Di sisi lain, kehidupan warga dengan segala kebutuhan mesti berjalan terus. Dampaknya, warga masyarakat, seperti di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, yang sempat menikmati menisnya pariwisata, kini terpaksa mengambil pekerjaan yang sebelumnya ditinggalkan, yakni bertani rumput laut. "Petani rumput laut yang sudah kami data sampai saat ini ada 581 orang," ujar mantan Sekretaris KPU Klungkung ini. *wan

Komentar