nusabali

Penuhi Janji Politik, Bupati Sanjaya Tinjau Pengaspalan Jalan Bantas–Gadungan

  • www.nusabali.com-penuhi-janji-politik-bupati-sanjaya-tinjau-pengaspalan-jalan-bantas-gadungan

TABANAN, NusaBali
Komitmen mempercepat terwujudnya pembangunan yang menjadi skala prioritas dalam visi misi, yakni infrastruktur yang salah satunya adalah jalan, Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya meninjau pengaspalan hotmix ruas jalan yang menghubungkan Desa Bantas–Desa Gadungan, Selemadeg Timur (Seltim), Selasa (6/7).

Tiba di lokasi sekitar pukul 12.30 Wita, Bupati Sanjaya didampingi Sekda Tabanan I Gede Susila dan OPD terkait, disambut Kadis PUPR Tabanan I Made Yudiana. Hadir pula di lokasi salah seorang anggota DPRD Tabanan I Made Edy Nugraha Giri, konsultan pengawas dan rekanan pelaksana, serta perbekel setempat.

Seperti diketahui bersama, dalam visi misi yang disampaikan Bupati Sanjaya bersama Wakil Bupati I Made Wirawan dalam janji kampanyenya adalah infrastruktur jalan merupakan skala prioritas pembangunan di Kabupaten Tabanan. Untuk itu, satu per satu berusaha diwujudkan, diawali dengan pengaspalan hotmix ruas jalan Bantas–Gadungan (Seltim).

“Saya Bupati Tabanan bersama Wakil Bupati dulu menyampaikan visi misi dalam kampanye, salah satu janji politik waktu itu adalah memperbaiki infrastruktur jalan di Kabupaten Tabanan. Seluruh, bukan hanya di satu kecamatan di satu desa tapi menyeluruh,” tegas Bupati Sanjaya.

Sebagai awal, dia bersama jajaran memfokuskan pengerjaan dan perbaikan ruas jalan yang merupakan titik-titik dari sentra perekonomian masyarakat dan akses menuju tempat persembahyangan. Dia juga mengaku sudah mengantongi data semua jalan di Kabupaten Tabanan dan secara bertahap akan dikerjakan, baik itu nanti sumber dananya dari DAK, APBD Tabanan, maupun BKK Provinsi dan CSR.

“Dana tidak menjadi suatu hambatan, yang penting inilah perjuangan pemerintahan kami dalam memenuhi janji politik kampanye dulu. Itu komitmen kami, makanya saya sampai turun ke lapangan bersama jajaran tujuannya adalah satu, melihat kualitas jalan apakah sesuai dengan spesifikasi. Kedua, saya minta kepada aparat di desa dan masyarakat agar merawat keberadaan jalan ini nantinya,” imbuh Bupati Sanjaya.

Karena menurutnya, sebagus-bagusnya fasilitas infrastruktur terutama jalan kalau tidak ada sinergi dari masyarakat bersama pemerintah untuk merawatnya, maka semuanya akan sia-sia. Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan budaya gotong-royong, seperti melakukan pembetonan di sisi jalan, pembersihan got dan lainnya, sehingga bersama-sama menjaga dan merawat keberadaan jalan tersebut.

Ditambahkan Made Yudiana, pengerjaan dilakukan menindaklanjuti visi misi Bupati yang salah-satunya skala prioritas adalah pembangunan infrastruktur, kemudian menerjemahkan dalam bentuk pekerjaan sesuai tupoksi di Dinas PU, yaitu melakukan peningkatan kualitas jalan kabupaten.

“Kami sudah melakukan proses sebelumnya, ada proses pengusulan dana, ada verifikasi data kemudian proses pengadaan barang jasa. Setelah ada pemenang, sekarang sudah dilakukan pekerjaan fisik di lapangan,” kata Made Yudiana.

Dikatakannya, jalan yang mendapat sumber dana DAK ada 5 ruas jalan, yakni Bantas–Gadungan (Selemadeg Timur), Pemanis–Kutabali, Rejasa–Pesagi (Penebel), kompleks Batusangian di Gubug (Tabanan), dan Pekarangan–Titi Galar (Baturitu). Lima ruas jalan tersebut yang saat ini menjadi skala prioritas yang sumber dananya dari DAK.

“Kalau ini (Bantas–Gadungan) kami rencanakan pengerjaannya 150 hari kalender terhitung dari 5 April 2021 sampai 2 September 2021. Nilai kontraknya Rp 5,3 miliar tepatnya Rp 5.305.000.294.500,00. Panjang jalan 3,345 kilometer dan lebar 3,0 meter,” beber Made Yudiana.

Selebihnya, Bupati Sanjaya berharap pengerjaan jalan Bantas–Gadungan ini bisa berjalan dengan baik sesuai harapan bersama, sehingga pembangunan bisa dilanjutkan ke ruas jalan lainnya yang direncanakan hingga menyeluruh di seluruh Kabupaten Tabanan. *des

Komentar