nusabali

Argentina dan Brasil Berpeluang Duel di Final

  • www.nusabali.com-argentina-dan-brasil-berpeluang-duel-di-final

RIO DE JANEIRO, NusaBali
Argentina dan Brasil berpeluang berhadapan di final ideal Copa America 2021, usai keduanya tembus semifinal.

Brasil akan menghadapi Peru pada laga semifinal, Selasa (6/7) pagi Wita. Sedangkan Argentina melawan Kolombia, Ranu (7/7).  Dengan jadwal semifinal itu, dua kekuatan utama sepakbola Amerika Selatan, Brasil dan Argentina, diprediksi berhadapan di partai puncak pada Minggu (11/7) pagi Wita. Dengan syarat keduanya harus mengatasi lawan masing-masing di semifinal.

Argentina sendiri lolos ke semifinal usai menang 3-0 atas Ekuador dalam laga perempatfinal, di Stadion Olimpico Pedro Ludovico, Brasil, Minggu (4/7) WITA. Kapten tim Tango, Lionel Messi menjadi bintang dalam laga tersebut setelah mencetak satu gol dan memberi dua assists untuk gol Rodrigo de Paul serta Lautaro Martinez.

Argentina langsung tampil ngotot sejak laga dimulai. Hanya butuh waktu dua menit bagi Lautaro Martinez melepaskan tembakan jarak dekat, tetapi usaha pemain Inter Milan itu dihalau kiper Ekuador, Hernan Galindez.

Lalu dua kali ancaman dari Messi, dan sempat berhadapan satu lawan satu dengan kiper Hernan Galindez. Namun, tendangannya membentur tiang gawang.

Messi menjadi ancaman bagi Ekuador. Sejumlah aksinya membuat pasukan Gustavo Alfaro kewalahan. Pada menit ke-40, Messi memberikan assist Rodrigo De Paul untuk mencetak gol dan Argentina memimpin 1-0 hingga babak pertama usai.

Argentina menggandakan keunggulan pada menit ke-80. Kesalahan bek Ekuador dimanfaatkan Messi sebelum menyodorkan bola ke Martinez di depan gawang. Usai memberikan dua assist, Messi akhirnya mencetak gol pada injury time melalui tendangan bebas di tepi kotak penalti.

Sedangkan tambahan satu gol, membuat Messi di posisi teratas daftar top skorer Copa America 2021, dengan empat gol. Messi dibayangi striker Peru Gianluca Lapadula, dengan 3 gol. Disusul tiga pemain yang mencetak dua gol, yakni duo Argentina Alejandro Gómez dan Lautaro Martinez, serta bintang Brasil Neymar.

Sementara Kolombia ke semifinal usai mengalahkan Uruguay lewat adu penalti 4-2 pada laga perempatfinal di Estadio Nacional de Brasilia, Brazil, Minggu padi WITA. Laga keduanya berjalan seimbang dengan Uruguay mencatatkan tujuh tembakan ke gawang (tiga tepat sasaran) dan 49 persen penguasaan bola. Sedangkan, Kolombia mampu membukukan sembilan percobaan (tiga on target), serta menguasai bola 51 persen.

Kolombia nyaris membuka skor menjelang babak pertama berakhir. Duvan Zapata menembak bola dari sudut sempit, tetapi usahanya itu masih bisa dibendung kiper Fernando Muslera. Tidak ada gol tercipta hingga memasuki babak pertama selesai. Babak pertama dan kedua ditutup skor 0-0. Penentuan pemenang ditentukan lewat adu penalti.

Kolombia menang adu penalti 4-2 setelah Ospina sukses menepis eksekusi Jose Gimenez dan Matias Vina. Sedangkan Peru dan Brasil memastikan duel di semifinal pada Sabtu Wita. *ant

Komentar