nusabali

Subak Bungsing Miliki Jalan Usaha Tani

  • www.nusabali.com-subak-bungsing-miliki-jalan-usaha-tani

SEMARAPURA, NusaBali
Pembangunan jalan usaha tani Subak Bungsing, Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung dimulai.

Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, pada Sabtu (3/7). "Semoga dengan pembangunan jalan usaha tani ini akan dapat memperlancar aktivitas para petani yang akan berdampak pada kestabilan harga harga hasil pertanian," harap Bupati Suwirta.

Jalan usaha tani, harap Bupati, juga bisa menunjang pariwisata di Desa Bakas yang memiliki potensi alam yang indah. "Anggota subak, warga dan prajuru baik adat maupun dinas supaya bisa berkolaborasi memajukan pariwisata di Desa Wisata Bakas," ujar Bupati Suwirta.

Pembangunan Jalan Usaha Tani Subak Bungsing Desa Bakas sepanjang 1,3 km menggunakan dana DAK Rp 254 juta. Pembangunan dikerjakan dengan swakelola, dengan waktu pengerjaan selama 90 hari kerja.

Dalam kesempatan itu, hadir anggota DPRD Klungkung I Wayan Widiana, Kepala Dinas Pertanian Klungkung IB Juanida, dan sejumlah anggota subak. Setelah meninjau pembangunan jalan usaha tani, Bupati Suwirta bersama Kepala Dinas Pertanian IB Juanida meresmikan jaringan irigasi tersier di Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan. Peresmian jaringan irigasi sepanjang 3,2 kilometer ini ditandai dengan pemasangan prasasti oleh Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta berharap dengan keberadaan jaringan irigasi ini, para petani akan semakin dimudahkan dalam pemenuhan air untuk kebutuhan lahan pertanian di Desa Nyalian.  Namun Bupati Suwirta mengingatkan kepada warga dan anggota subak untuk selalu menjaga sungai, saluran irigasi dan lingkungan dari sampah utamanya sampah plastik. "Karena sampah yang dibuang begitu saja ke saluran irigasi akan menghambat aliran air dan mengakibatkan kerusakan jaringan irigasi," kata Bupati Suwirta. *wan

Komentar