nusabali

Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Daring di SMK Restumuning

Stiki Social Engagement 2021

  • www.nusabali.com-pelatihan-penggunaan-media-pembelajaran-daring-di-smk-restumuning

TABANAN, NusaBali.com
Kemampuan menggunakan media pembelajaran secara daring mutlak diperlukan bagi tenaga pendidik saat ini.

Untuk itu, tim dosen STIKI Indonesia melaksanakan kegiatan STIKI Social Engagement (SSE) 2021 dalam bentuk pelatihan penggunaan media pembelajaran secara daring untuk tenaga pendidik di SMK Restumuning.

Pada Kegiatan kali ini Tim dosen yang terlibat adalah Dewa Putu Yudhi Ardiana, I Wayan Dharma Suryawan, Ni Nyoman Ayu J. Sastaparamitha, Ni Made Lisma Martarini, I Wayan Sudiarsa, Yuri Prima Fittrayani, Made Dona Wahyu Aristana, dan Eddy Hartono.

Kegiatan SSE 2021 ini dilaksanakan di SMK Restumuning, Desa Perean Tengah, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Kegiatan yang dilaksanakan dari bulan maret 2021 sampai juni 2021 ini  diikuti oleh 27 peserta yang terdiri dari tenaga pendidik di SMK Restumuning.



Dewa Putu Yudhi Ardiana menjelaskan "Kegiatan ini  diawali dengan riset untuk mengetahui kebutuhan serta permasalahan yang dihadapi oleh tenaga pendidik di SMK Restumuning saat melaksanakan pembelajaran secara daring, kemudian hasil riset digunakan untuk menyusun materi pelatihan  agar dapat menambah pengetahuan serta keterampilan tenaga pendidik dalam melaksanakan pembelajaran daring, dengan demikian kami harapkan efektivitas pembelajaran daring yang dilakukan dapat meningkat."

BACA JUGA: Pelatihan Perancangan Label Kemasan Produk Hingga Pemasaran Sosial Media pada Usaha Pembuatan Serundeng

SSE 2021 dilaksanakan dalam dua tahap yaitu pelatihan dan pendampingan. Materi pelatihan yang diberikan terdiri dari bagaimana mengelola kelas secara daring, bagaimana cara melakukan assessment pembelajaran daring, bagaimana cara melakukan pembelajaran daring melalui teleconferencing dan pengenalan learning management system (LMS). Setelah diberikan pelatihan, peserta pelatihan mendapatkan pendampingan untuk mencoba setiap materi yang diberikan. Pada pendampingan ini, peserta dapat berkonsultasi secara daring ketika menemukan masalah.

"Dari hasil posttest yang diberikan kepada seluruh peserta pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan melaksanakan pembelajaran daring., kepala sekolah SMK Restumuning, Ni Putu Suwikanti, menyambut baik adanya pelatihan pembelajaran daring yang kami laukukan  untuk tenaga pendidik di SMK Restumuning dan berharap kegiatan pelatihan akan terus berlanjut." tutupnya.

Mengingat kegiatan STIKI Social Engagement (SSE) 2021 kali ini diadakan pada masa pandemi maka seluruh peserta pelatihan diwajibkan mengenakan masker sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.  *

TONTON JUGA:

Sehari Jelang Berlakunya SE Gubernur, 20 Penerbangan Menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Dibatalkan

Komentar