nusabali

Rachmawati Konsisten Perjuangkan Cita-cita Bung Karno

  • www.nusabali.com-rachmawati-konsisten-perjuangkan-cita-cita-bung-karno

JAKARTA, NusaBali
Puteri ketiga Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno dengan Fatmawati, Rachmawati Soekarnoputri menghembuskan napas terakhirnya pada Sabtu (3/7) di RSPAD Gatot Subroto.

Berbagai kalangan berduka atas kepergian perempuan yang saat ini menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, termasuk Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani.

“Kami keluarga besar Partai Gerindra turut berbelasungkawa atas wafatnya Ibu Rachmawati Soekarnoputri. Kami menganggap beliau sebagai sosok yang sangat konsisten dalam memperjuangkan cita-cita bangsa Indonesia yang selama ini digelorakan oleh Bung Karno,” ujar Muzani dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (3/7).

Rachmawati wafat pada usia 70 tahun. Selama ini, kata Muzani, Rachmawati selalu aktif menyuarakan agar Partai Gerindra senantiasa mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur. Tidak lupa mengingatkan agar setiap perjuangan politik yang dilakukan Partai Gerindra itu semata-mata demi kesejahteraan rakyat yang berdasarkan Pancasila sebagai landasan negara.

“Beliau adalah orang yang teguh dalam pendiriannya dan terus menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan NKRI. Itulah yang selalu beliau sampaikan di setiap diskusi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI ini.

Rachmawati, lanjut Muzani, juga senantiasa mengingatkan Prabowo agar perjuangan mereka tidak boleh bergeser dari apa yang diperjuangkan oleh Bung Karno dan pahlawan kemerdekaan lainnya. Oleh karena itu, pemikiran Rachmawati yang sejalan dengan perjuangan Bung Karno itu akan terus diperjuangkan oleh Partai Gerindra. Yakni terciptanya masyarakat pancasilais, masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur serta terciptanya persatuan dan kesatuan Indonesia yang berdikari.

“Sekali lagi, kami keluarga besar Partai Gerindra tidak akan lupa dengan pemikiran-pemikiran Ibu Rachmawati yang selama ini beliau perjuangkan di partai ini,” tegas Muzani.

Muzani mengatakan, Ketum Partai Gerinda Prabowo Subianto masih berada di luar negeri dalam rangka kunjungan kerja sebagai Menteri Pertahanan RI. Sehabis pulang dari luar negeri, Prabowo akan segera melayat ke kediaman almarhumah.

Sementara Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menilai, Rachmawati memiliki sumbangsih yang tidak kecil untuk negara. Untuk itu, LaNyalla berduka cita secara mendalam atas kepergian Rachmawati.

“Sebagai politikus, beliau kerap memberikan kritikan dan masukan. Namun jangan lupakan juga kiprahnya di dunia pendidikan dengan mendirikan Universitas Bung Karno. Bagaimana pun, Ibu Rachmawati Soekarnoputri telah mengambil perannya di negara ini,” imbuh LaNyalla. *k22

Komentar