nusabali

Buruan Daftar, BPLE Tiara Course Gelar Pelatihan Teknisi AC dan Elektrik Gratis

  • www.nusabali.com-buruan-daftar-bple-tiara-course-gelar-pelatihan-teknisi-ac-dan-elektrik-gratis

DENPASAR, NusaBali.com – Masih terbukanya peluang permintaan jasa servis AC pendingin dan elektronik serta  mengingat adanya peningkatan jumlah pengangguran di Bali akibat pandemi Covid-19,  membuat Balai Pendidikan dan Latihan Enginering (BPLE) Tiara Course berinisiatif mengadakan pelatihan gratis kepada generasi muda Bali yang ingin memiliki keterampilan di bidang enginering.

Kepala Bagian Rumah Tangga BPLE Tiara Course, Ni Made Rai Astriari, Jumat (2/7/2021), membenarkan adanya pelatihan gratis teknisi AC pendingin dan elektrik di kampusnya.

“Pelatihan gratis ini bekerjasama dengan Kemdikbud-Dikti untuk memberikan kesempatan kepada anak muda yang ingin memiliki kompetensi,” ujar Rai Astriari.

Bagi peserta pelatihan yang dapat menyelesaikan pelatihan dengan baik akan langsung mendapatkan sertifikat uji kompetensi, yang tentunya dapat mereka gunakan dalam mencari kerja nantinya.

Rai Astriari juga menuturkan bahwa pihak BPLE Tiara Course sudah beberapa kali mengadakan kursus gratis. Untuk kegiatan pelatihan gratis yang akan diadakan kali ini merupakan pelatihan gratis yang kedua dilakukan pada tahun ini.

“Kami menargetkan jumlah peserta nanti 100 orang, kami sudah sosialisasikan di beberapa media sosial dan media lainnya,” lanjutnya.

Sementara itu salah satu staf BPLE Tiara Course, Ni Nengah Andriyanti, menambahkan bahwa pelatihan teknisi AC pendingan dan elektrik yang diadakan masih menunggu jumlah peserta terpenuhi sebanyak 100 peserta.


Perempuan yang bertugas sebagai sekretaris tersebut memperkirakan kuota tersebut akan terpenuhi pada bulan Juli ini, sehingga pelatihan dapat segera dilakukan.

Adapun beberapa persyaratan yang ditentukan adalah batas usia antara 17 hingga 24 tahun, belum pernah mengikuti program kartu prakerja, mengikuti pakta integritas kesanggupan mengikuti kegiatan hingga akhir, dan beberapa syarat administrasi lainnya.

“Rencananya dari 100 orang peserta nanti akan dibagi  dalam dua sesi. Sesi pagi dari jam 09.00-12.00, dan sesi malam dari jam 18.00-21.00, tergantung kesiapan peserta,” terang Andriyanti.

Pelatihan akan dilangsungkan setiap hari Senin hingga Jumat selama hampir tiga bulan lamanya atau setara 240 jam pelajaran di kampus BPLE Tiara Course Jalan Mertajaya nomor 2, Pemecutan, Denpasar Barat tersebut.

Ia pun menjelaskan jika materi yang diberikan merupakan kombinasi teori dan praktik. “Kurang lebih 30 persen teori dan 70 persen praktik,” ujarnya

Praktik yang dilakukan, terang Andriyanti, sudah termasuk masa magang, langsung di lapangan, yakni dengan bekerja di perusahaan-perusahaan rekanan pihak BPLE Tiara Course. “Jika menunjukkan kemampuan yang baik, maka para peserta pelatihan bisa langsung diterima di perusahaan-perusahaan tersebut,” tambahnya.

Sementara Ni Made Rai Astriari meyakinkan para calon peserta pelatihan bahwa peluang usaha jasa servis AC pendingin dan elektrik masih sangat terbuka luas.  “Hampir setiap rumah atau perkantoran memiliki fasilitas AC pendingin atau perangkat elektrik lainnya,” ungkapnya.

Karena itu, ia dengan yakin mengatakan bahwa peserta pelatihan akan memiliki peluang kerja yang baik nantinya. Apalagi pelatihan ini diberikan secara gratis, sehingga tidak akan memberatkan kantong masyarakat dan tentunya sayang jika dilewatkan. *adi

Komentar