nusabali

SLB Negeri 2 Denpasar Ikuti Ajang LKSN/FLS2N ABK 2021, Optimis Lolos ke Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-slb-negeri-2-denpasar-ikuti-ajang-lksnfls2n-abk-2021-optimis-lolos-ke-tingkat-nasional

DENPASAR, NusaBali.com - Sebanyak 16 siswa-siswi SLB Negeri 2 Denpasar mengikuti Lomba Keterampilan Siswa Nasional Anak Berkebutuhan Khusus (LKSN ABK) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional Anak Berkebutuhan Khusus, pada Rabu (30/6/2021).

Selain digelar secara luring di sekolah beralamat di Jalan Pendidikan nomor 26, Denpasar Selatan, juga dilakukan secara daring. Siswa-siswi yang mengikuti lomba juga harus mengirimkan video mereka pada saat tampil mengikuti lomba. Selanjutnya video-video tersebut akan dinilai oleh dewan juri dan pengumumannya akan diumumkan pada bulan Juli ini.

Kepala Sekolah SLB Negeri 2 Denpasar, Ni Wayan Rapiyanti SPd, merasa sangat gembira melihat anak asuhnya unjuk kebolehan di hadapan juri yang hadir. Ia merasa optimis akan ada siswa-siswinya yang akan tampil mewakili Provinsi Bali di tingkat nasional.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya saya optimis murid-murid kami akan ada yang tampil di level nasional,” ujar Rapiyanti bersemangat.

Ia mengatakan cukup yakin bahwa siswa-siswinya memiliki bakat yang bisa membawa nama baik daerah. Alumni-alumni SLB Negeri 2 Denpasar, ujarnya, banyak yang diterima bekerja di beberapa perusahaan, selain ada juga yang memutuskan untuk melanjutkan kuliahnya, seperti di ISI Denpasar.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, salah satu pembina lomba SLB Negeri 2 Denpasar, I Made Gede Arta Mahardika SPd MPd, membenarkan jika lomba tahun ini dilakukan secara daring dan luring. Selain tampil di depan juri yang hadir, siswa-siswi yang mengikuti lomba juga diwajibkan mengirimkan video pada saat pentas.

“Juri datang untuk memastikan bahwa siswa yang tampil sesuai dengan video yang akan dikirimkan,” ujar Mahardika yang juga merupakan guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga.

Ia menambahkan dari 16 siswanya yang tampil tersebut, mereka terbagi ke dalam 16 kategori lomba mulai dari tingkat SDLB, SMPLB, dan SMALB. Adapun lomba yang diikuti terdiri dari 9 lomba LKSN dan 7 lomba FLS2N.

Lomba LKSN di antaranya, lomba menjahit, membatik, hantaran, merangkai bunga buatan, tata boga, kecantikan, kriya kayu, teknologi informasi/IT, kreasi barang bekas (limbah). Sementara lomba FLS2N yang diikuti adalah melukis tingkat SDLB, melukis tingkat SMP/SMALB, desain grafis tingkat SMPLB, desain grafis tingkat SMALB, menari, pantomim, dan cipta komik strip.

  
Sementara pada kesempatan itu juga hadir Kepala Seksi Kelembagaan Sarana dan Prasarana Bidang Pendidikan Khusus (PK)-Pendidikan Layanan Khusus (PLK), Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Provinsi Bali, Made Fitri Apsari, yang hadir untuk meninjau pelaksanaan lomba.

Ia mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan lomba yang dilakukan siswa-siswi SLB Negeri 2 Denpasar. “Kami juga mengapresiasi guru-guru dan kepsek yang telah mensupport adik-adik siswa untuk mengikuti lomba yang telah berjalan lancar,” ujarFitri. Ia pun berharap siswa-siswi SLB Negeri 2 Denpasar yang mengikuti lomba dapat mewakili Provinsi Bali maju ke tingkat nasional. *adi

Komentar