nusabali

Istri Mantan Wabup Karangasem Meninggal Dunia

  • www.nusabali.com-istri-mantan-wabup-karangasem-meninggal-dunia

AMLAPURA, NusaBali
I Gusti Ayu Putu Tirta, istri mantan Wakil Bupati Karangasem I Gusti Lanang Rai meninggal di Jro Duda, Banjar/Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, Senin (28/6) sekitar pukul 17.00 Wita.

Almarhum sejak enam bulan lalu menderita sakit kanker lidah. Keluarga rencananya menggelar palebon di Setra Desa Adat Duda pada Soma Paing Menail, Senin (5/7) mendatang. Putra almarhum, I Gusti Lanang Bayu Wibiseka mengatakan, sejak enam bulan lalu ibunya merasakan sakit di lidah. “Awalnya dikira sakit sariawan, selama sakit mengonsumsi obat herbal, ternyata tidak ada perubahan, bahkan kankernya membesar,” ungkap I Gusti Lanang Bayu Wibiseka di rumah duka, Selasa (29/6). Sehingga istri mantan Wabup Karangasem I Gusti Lanang Rai ini semakin kesulitan menelan makanan, pita suaranya terganggu, dan kesulitan berkomunikasi. Saat di awal merasakan sakit, sempat dibawa berobat dokter spesialis dan disarankan dioperasi. Namun usia lanjut, tidak memungkinkan dioperasi sehingga menjalani perawatan di rumah.

Almarhum meninggalkan lima anak dan delapan cucu. Menurut I Gusti Lanang Bayu Wibiseka, rencana upacara nyiramang pada Redite Umanis Menail, Minggu (4/7) dan palebon di Setra Desa Adat Duda, Soma Paing Menail, Senin (5/7) nanti. “Kami telah lapor ke Bendesa Adat Duda dan dapat izin menggelar upacara palebon, menghadirkan krama dengan jumlah terbatas agar tidak menimbulkan kerumunan dan protokol kesehatan secara ketat,” jelas Gusti Lanang Bayu Wibiseka. Salah satu putri almarhum, I Gusti Ayu Agung Kendran Wahyuni, juga mengatakan demikian. Nampak I Gusti Ayu Agung Kendran Wahyuni melayani pelayat dari kaum perempuan yang dikoordinasikan Ketua HWK (Himpunan Wanita Karya) Karangasem Jro Puspa. *k16

Komentar