nusabali

Hari Ini, Ratusan Pejabat Dilantik

  • www.nusabali.com-hari-ini-ratusan-pejabat-dilantik

Diawali para pejabat sembahyang di Pura Masceti, Desa Medahan, Blahbatuh, Gianyar, Selasa (27/12) malam.

GIANYAR, NusaBali
Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata akan mengukuhkan dan melantik sekitar 800-an pejabat eselon IVb sampai IIb di Lapangan Astina Raya Gianyar, Rabu (28/12). Pelantikan pejabat ini serangkaian pengisian organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru sesuai Peraturan Pemerintah (PP) RI No 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Acara ini tidak akan disertai pengukuhan pejabat Sekkab Gianyar yang diberhentikan sementara, Ida Bagus Gaga Adi Saputra.

Usai menghadiri Sidang Paripurna dengan materi Pengesahan Perda tentang Desa di Gedung DPRD Gianyar, Selasa (27/12), Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata didampingi Wabup Gianyar Made Mahayastra, kepada wartawan, mengakui pada Rabu ini, akan mengukuhkan dan melantik sekitar 800 pejabat tersebut. Pihaknya menyatakan, pengukuhan pejabat ini tak termasuk Sekkab non aktif Ida Bagus Gaga Adi Saputra. Karena, kata Agung Bharata, pelaksanaan tugas-tugas Sekkab Gianyar masih dirangkap oleh dirinya selaku Bupati. Alasannya, karena jabatan sekkab sudah dinonaktifkan atau dibebastugaskan. ‘’Prosedurnya memang saya yang lansung jadi sekda,’’ jelasnya.

Lebih lanjut Agung Bharata menyatakan, pelantikan ratusan pejabat ini dilakukan Rabu (28/12) ini agar tak sampai lewat Desember 2016. Bupati Agung Bharata maupun Wabup Mahayastra merahasiakan posisi pejabat perputaran para pejabat itu dengan alasan etika jabatan seseorang. Selain itu, pihaknya khawatir jika menyebut nama-nama pejabat yang akan menduduki posisi tertentu, malah terjadi perubahan besok (Rabu ini, Red).

Sekkab Gianyar (non aktif) Ida Bagus Gaga Adi Saputra saat dimintai konfirmasi mengatakan, dirinya belum siap mengomentari tentang adanya rencana pengukuhan dan pelantikan ratusan pejabat tersebut. Pihaknya saat dihubungi kemarin malam, pukul 19.10 Wita, mengaku belum menerima surat undangan pengukuhan untuk dirinya dari Bupati Gianyar. ‘’Saya belum ada komentar apa-apa. Lain halnya kalau memang besok saya benar-benar tak dikukuhkan atau dikukuhkan, maka saya pasti punya materi tanggapan. Saya tak berani berspekulasi,’’ jelasnya.   

Sebelumnya, Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata SH memberhentikan sementara Drs Ida Bagus Gaga Adi Saputra MSi dari jabatan Sekda Gianyar, mulai Jumat (9/12). Keputusan mengejutkan ini melalui SK Bupati Gianyar No.821.2/1728/BKD, tanggal 8 Desember 2016.

Terkait persiapan pengukuhan dan pelantikan pejabat itu, Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata mengkoordinir para pejabat eselon II dan III untuk sembahyang di Pura Masceti, Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Selasa (27/12) malam. Pemilihan lokasi sembahyang ini mengingatkan para pejabat setempat tentang kampih (kemunculan) Agung Bharata usai tertimpa bencana tenggelam hampir empat jam di laut dari Pantai Klotok, Klungkung–Pantai Masceti, Gianyar. * lsa

Komentar