nusabali

Pelatihan Perancangan Label Kemasan Produk Hingga Pemasaran Sosial Media Pada Usaha Pembuatan Serundeng

  • www.nusabali.com-pelatihan-perancangan-label-kemasan-produk-hingga-pemasaran-sosial-media-pada-usaha-pembuatan-serundeng

GIANYAR, NusaBali.com
Serundeng adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari parutan kelapa dan ditambahkan dengan beberapa macam bumbu pelengkap.

Serundeng atau saur dapat digunakan sebagai campuran lauk pauk pada makanan. Masyarakat Bali pada khususnya menggunakan serundeng/saur sebagai pelengkap sarana upakara keagamaan.

Desa Batubulan Kabupaten Gianyar tepatnya di Jalan Dewi Sri merupakan lokasi dimana produk olahan kelapa yaitu serundeng atau yang lebih dikenal dengan sebutan "saur" diproduksi oleh Ibu Ayu dari awal tahun 2019. Tidak hanya produksi, pemasaran produk pun dilakukan secara mandiri hanya melalui penyebaran informasi di lingkungan masyarakat sekitar saja.


Ni Kadek Nita Noviani Pande menjelaskan, "Setelah melihat kendala dan potensi, kami dari tim dosen STIKI Indonesia, yang terdiri dari saya, bapak Ngakan Putu Darmayasa, dan bapak I Gede Adi Sudi Anggara berinisiatif mengadakan pelatihan pengemasan produk menggunakan desain label kemasan baru dan pemasaran online melalui media sosial sebagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM)."


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) tentang  pelatihan perancangan label kemasan produk hingga pemasaran sosial media pada usaha pembuatan serundeng ini diadakan pada 11 Juni 2021 dan 18 Juni 2021.

"Produk olahan kelapa serundeng produksi Ibu Ayu ini diharapkan dapat melakukan pemasaran produk dengan maksimal sehingga dapat semakin menjangkau konsumen secara lebih luas." tutupnya*

TONTON JUGA:
Bupati Suwirta Berikan Support Saat Kegiatan Pembinaan Gong Kebyar Dewasa Duta Klungkung di PKB 2021

Komentar