nusabali

Bunda Literasi Kampanyekan Gemar Membaca Bersama GOW

  • www.nusabali.com-bunda-literasi-kampanyekan-gemar-membaca-bersama-gow

NEGARA, NusaBali
Bunda Literasi Kabupaten Jembrana Gusti Ayu Ketut Candrawati alias Ny Candra Tamba, mencanangkan kampanye gemar membaca kepada seluruh masyarakat Jembrana.

Kampanye ini guna meningkatkan kegemaran membaca masyarakat di Jembrana. Di samping memanfaatkan berbagai media, Ny Candra Tamba juga memprogramkan kampanye gemar membaca melalui sinergi bersama Gerakan Organisasi Wanita (GOW) di Jembrana.

Hal tersebut diungkapkan Ny Candra Tamba di sela-sela acara pengukuhannya sebagai Bunda Literasi Kabupaten Jembrana 2021-2024, di Gedung Auditorium Jembrana, Sabtu (26/6). Ny Candra Tamba dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Jembrana oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional RI Nurcahyono. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna,  beserta istri Ny Inda Patriana Krisna, Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutarmi, serta pimpinan OPD terkait lingkup Pemkab Jembrana.

Ny Candra Tamba mengatakan, salah satu program kerjanya sebagai Bunda Literasi Jembrana, adalah mengkampanyekan gemar membaca kepada seluruh masyarakat Jembrana. Kampanye gemar membaca itu, akan berusaha dilakukan di berbagai media yang di Jembrana. Termasuk sinergi bersama Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita, dan berbagai GOW lainnya. Dengan sinergi bersama para ibu-ibu itu, diharapkan tumbuh budaya gemar membaca akan tumbuh dari lingkungan keluarga. “Dengan membudayakan gemar membaca dari lingkungan keluarga itu, tentunya kita harapkan akan tumbuh ke lingkungan yang lebih luas,” ucap Ny Candra Tamba yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana ini.

Ny Candra Tamba menambahkan, sebagai Bunda Literasi Jembrana, dirinya akan berusaha membudayakan gemar membaca untuk meningkatkan wawasan ataupun literasi masyarakat, khususnya generasi muda Jembrana. Dalam upaya tersebut, dia akan disinergikan bersama jajaran terkait di Pemkab Jembrana, khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jembrana. “Dalam meningkatkan minat baca ini, tentunya harus didukung oleh semua pihak. Orang tua, guru, perpustakaan dan Pemkab Jembrana,” ujar istri dari Bupati Jembrana, I Nengah Tamba ini.

Acara pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Jembrana di Gedung Auditorium Jembrana tersebut, dirangkaikan  dengan talk show bertema ‘Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Kabupaten Jembrana’. Di kesempatan yang sama juga dilakukan Penandatanganan MoU antara Perpustakaan Nasional RI dengan Pemkab Jembrana dan sejumlah Lembaga Perguruan Tinggi dari Universitas Terbuka UPBJJ Denpasar, Universitas Triatma Mulia, dan Universitas Warmadewa. Penandatanganan MoU tersebut, dilakukan langsung oleh Bupati Tamba dengan Perpustakaan Nasional RI Nurcahyono dan perwakilan dari masing-masing lembaga perguruan tinggi.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional RI, Nurcahyono, dalam membawakan sambutan Kepala Perpustakaan Nasional (Kapusnas) RI, Muhammad Syarif Bando menyampaikan, selama menjabat, Bunda Literasi memiliki tugas yang sangat penting. Di antaranya mempromosikan serta meningkatkan kegemaran membaca masyarakatnya. Dengan meningkatkan kegemaran membaca itu, juga diharapkan terbangun kepedulian terhadap perpustakaan. “Kehadiran Bunda literasi ini bisa menjadi role model dan menginspirasi dalam membangun sumber daya manusia di Kabupaten Jembrana,” ucapnya.

Bupati Tamba mengatakan Kabupaten Jembrana adalah satu-satunya kabupaten di Provinsi Bali yang punya Perda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan dan Pengelolaan Perpustakaan. Adanya Perda Jembrana Nomor 6 Tahun 2020 itu, juga sebagai bukti dari keseriusan Jembrana mewujudkan visi-misi kepemimpinannya, yaitu visi Mewujudkan Masyarakat Jembrana Bahagia Berlandaskan Tri Hita Karana dengan misi Nangun Sad Kerthi Loka Bali. *ode

Komentar