nusabali

648 Siswa Diterima dari PPDB Jalur Prestasi

Ada Sisa Kuota yang akan Dialihkan ke Zona Umum

  • www.nusabali.com-648-siswa-diterima-dari-ppdb-jalur-prestasi

DENPASAR, NusaBali
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi di Kota Denpasar hanya menerima sebanyak 648 siswa dari 936 kuota yang disediakan.

Sisanya sebanyak 288 kuota akan dialihkan ke jalur umum atau jalur zonasi. Hal ini terjadi karena ada beberapa kuota di jalur prestasi pendaftarnya tidak terpenuhi. Pendaftar di jalur prestasi sendiri sebanyak 2.743 siswa, namun yang lolos seleksi sebanyak 648 siswa dan yang tidak lolos sebanyak 2.095 siswa.

Hal itu diungkapkan Plt Kadisdikpora Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Eddy Mulya saat dihubungi di sela-sela pengumuman PPDB jalur prestasi, Jumat (25/6). Pengumuman PPDB jalur prestasi dilakukan pukul 15.00 Wita kemarin. Mereka diterima dalam PPDB jalur Prestasi hanya sebanyak 648 siswa.

Kendati kuota masih banyak, yakni 288 yang bisa masuk, tetapi karena kuota dari beberapa prestasi yang dicari tidak ada yang mendaftar maka sisa kuota itu tidak akan diisi dalam jalur prestasi. "Ini kan ada beberapa kriteria prestasi. Jadi, beberapa kriteria itu ada yang tidak mendaftar sama sekali seperti contohnya lomba puisi/pidato tidak ada yang memilih maka itu dikosongkan," jelasnya.

Sisa kuota 288 itu akan dialihkan ke jalur umum. Sehingga, kuota jalur umum bertambah sehingga calon siswa baru lebih banyak berpeluang masuk. PPDB jalur umum menurut dia akan dibuka hari ini, Sabtu (26/6). Pendaftaran akan dilakukan melalui online. "Astungkara, untuk jalur prestasi saat ini tidak ada kendala. Dari segi jaringan maupun listrik. Jadi, pengumuman juga sudah transparan tidak ada titip menitip murni menggunakan sistem," jelasnya.

Untuk PPDB jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orangtua dan dampak Covid-19 diharapkan berlaku hal yang sama."Kami berharap selanjutnya tetap lancar tanpa gangguan jaringan ataupun listrik. Sebab, sudah sistem yang diberlakukan jadi kami harap tidak ada kendala lagi," kata Eddy Mulya. *mis

Komentar