nusabali

Petugas Gabungan Amankan Tiga Gacong di Nusa Dua

  • www.nusabali.com-petugas-gabungan-amankan-tiga-gacong-di-nusa-dua

MANGUPURA, NusaBali
Petugas gabungan mengamankan tiga orang guide liar atau gacong jalanan yang kerap meresahkan wisatawan.

Mereka diamankan dari dua lokasi berbeda, yakni di Simpang Tol dan Jalan Siligita, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta, mengatakan penindakan gacong ini setelah menindaklanjuti laporan masyarakat khususnya di Tanjung Benoa. Pasalnya, para gacong kerap membuntuti dan memaksa wisatawan yang hendak melakukan aktivitas di waterspot. “Penindakan ini kami lakukan Kamis (24/6) sore, menyikapi keluhan dari masyarakat,” katanya, Jumat (25/6) sore.

Saat diamankan, para gacong sedang menunggu wisatawan yang hendak berwisata. “Kami sudah interogasi mereka dan sudah mengarah kepada pemilik perusahaan yang mempekerjakan jasa mereka,” kata Gede Arta.

Dari pengakuan para gacong itu, jelas Gede Arta, mengajak/menggiring tamu ke salah satu perusahaan, selanjutnya mereka memperoleh fee atau komisi. Meski sudah mendapatkan nama perusahaan, Gede Arta mengaku tidak bisa membeberkan, karena masih dalam penyelidikan. “Semuanya masih dalam penyelidikan. Kami kerja sama dengan Satpol PP Badung dan Satpol PP Provinsi untuk mengungkap perusahaan yang mempekerjakan mereka ini,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara. Dia mengakui turut serta dalam penyelidikan dan pengungkapan jasa gacong itu. “Kami memang terlibat dan sudah mengamankan 3 orang gacong. Tapi, untuk kejelasan langsung ke pak camat ya,” ucap Suryanegara. *dar

Komentar