nusabali

Bupati Tamba Tunda Lanjutan Pembangunan MPP

Refocusing Anggaran untuk Penanganan Covid-19

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-tunda-lanjutan-pembangunan-mpp

NEGARA, NusaBali
Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengambil kebijakan menunda rencana lanjutan pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Jembrana di Jalan Udayana, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, yang dianggarkan sekitar Rp 4 miliar pada APBD Induk 2021.

Anggaran yang sebelumnya disiapkan untuk lanjutan pembangunan tersebut, direfocusing untuk membackup penanganan Covid-19. Hal tersebut ditegaskan Bupati Tamba usai memimpin rapat evaluasi capaian vaksinasi sekaligus penanganan Covid-19 bersama jajaran kepala OPD Pemkab Jembrana, di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Jembrana, Jumat (25/6). “Kami tunda (lanjutan pembangunan MPP) dan anggaran kita refocusing.  Antisipasi yang terburuk. Dana itu kita amankan dulu. Kita tidak tahu jika ada kondisi darurat,” ujarnya.

Menurut Bupati Tamba, lanjutan pembangunan MPP itu juga belum terlalu mendesak di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini, yang mengurus izin kemungkinan sangat jarang. “Kami juga berpikir siapa yang hari-hari ini, di masa pandemi urus izin. Itu kita kesampingkan dulu, anggaran untuk cadangan emergency. Uang itu juga toh uang rakyat, kita manfaatkan untuk keperluan rakyat,” ucap Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, ini.

Bupati Tamba mengatakan, pola pembangunan di masa pemerintahannya saat ini, tidak ingin sekadar mengutamakan pencitraan yang belum tentu bermanfaat bagi masyarakat. Tetapi pembangunan yang dapat dirasakan langsung pada perekonomian masyarakat. Terutama di sektor pertanian, perikanan, dan peternakan.

“Kelanjutan itu juga belum potensial untuk pemerintah. Saat ini, kita fokus untuk menggenjot gebyar vaksinasi agar terpenuhi seluruh masyarakat Jembrana,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba menegaskan, ketika pandemi Covid-19 masih berlangsung, ekonomi sulit bergerak. Percepatan vaksinasi Covid-19 juga menjadi salah satu kunci dalam menghadapi pandemi. “Seperti halnya di luar negeri. Pertandingan sepakbola digelar dan penonton datang tanpa masker. Ternyata mereka 100 persen sudah vaksin. Kita juga ada harapan seperti itu. Harus berpikir positif. Ada harapan. Karena itu kita genjot vaksinasi,” tandas Bupati Tamba.

Dalam upaya mempercepat vaksinasi Covid-19, Bupati Tamba mengatakan, gebyar vaksinasi Covid-19 akan ditingkatkan. Selain melayani vaksinasi pada hari kerja, Senin–Jumat, juga akan ditambah layanan vaksinasi pada hari libur, Sabtu dan Minggu.

“Bila sebelumnya Sabtu dan Minggu tidak melayani, kini akan dibalik, sehingga tanpa ada jeda waktu. Vaksinasi Senin sampai Jumat dikurangi, tapi Sabtu dan Minggu digenjot vaksinasi. Gak ada libur, Sabtu Minggu digeber vaksinasi,” kata Bupati Tamba. *ode

Komentar