nusabali

Dear Pejuang Loker, REDY Indonesia Akan Gelar Virtual Career Fair di Bali

  • www.nusabali.com-dear-pejuang-loker-redy-indonesia-akan-gelar-virtual-career-fair-di-bali

DENPASAR, NusaBali.com – Pandemi berkepanjangan membuat banyak tenaga kerja kehilangan pekerjaannya, namun seiring berjalannya roda perekonomian, kebutuhan tenaga kerja atau lowongan kerja (loker) juga masih terbuka.

Mulai dari tenaga sales marketing yang selalu dibutuhkan, hingga tenaga kerja pada perusahaan-perusahaan unicorn. “Pandemi tak menjadi halangan bagi banyak perusahaan melakukan rekrutmen,” kata  Chief Executive Officer REDY Indonesia Rio Pasaribu, Jumat (25/6/2021).

Sejalan dengan perubahan yang terjadi di masa pandemi, proses rekrutmen tenaga kerja pun cenderung dilaksanakan secara online.  “Berdasarkan survei,  hampir 50 persen perusahaan kini melakukan keseluruhan proses rekrutmen secara online,” kata pria yang pernah tinggal di Australia ini.

Kebutuhan tenaga kerja itulah yang mendasari Rio pada pertengahan 2020 menggagas sebuah platform rekrutmen tenga kerja. Namun secara efektif, REDY baru running pada Februari 2021. “Hingga saat ini sekitar 100 pencari kerja sudah mendapatkan pekerjaannya melalui platform ini,” ungkapnya.

Dan untuk lebih mengoptimalkan ‘bertemunya’ para pencari kerja dan pencari karyawan, REDY bakal menggelar Virtual Career Fair pada 29-30 Juni mendatang di Bali. “Sampai saat ini sudah ada 40 perusahaan yang telah bergabung,” ungkapnya.

Virtual Career Fair ini adalah yang kedua setelah sebelumnya digelar di Jawa Barat. Adapun Bali kali ini dipilih karena Pulau Dewata  dianggap sebagai salah satu tujuan wisata terbaik di dunia, sekaligus sebagai destinasi wisata terbaik di Asia serta masih menyimpan potensi yang luar biasa di bidang industri pariwisata pasca pandemi nanti.  “Tapi bukan lowongan hospitality saja yang dibuka, ada banyak bidang pekerjaan lainnya,” tegas Rio.

Rio juga menegaskan bahwa Virtual Career Fair di Bali juga untuk menjembatani kandidat dengan perusahaan dengan mudah dan praktis. “REDY ingin menjadi wadah yang membantu para pencari kerja yang terdampak selama pandemi Covid-19," kata Rio. 

Acara ini terbuka untuk umum dan pencari kerja yang mendaftar saat pameran karier tidak akan dipungut biaya apapun. Seperti job fair pada umumnya, acara ini berkolaborasi dengan perusahaan dari berbagai sektor di Bali, khususnya pariwisata.
 
“Selain membuka lapangan pekerjaan, perusahaan yang berpartisipasi juga akan mengadakan presentasi perusahaan mereka agar dapat terhubung langsung dengan para kandidat pencari kerja, mirip seperti job fair secara offline,” kata Rio.

Dalam sesi ini, kandidat diberikan kesempatan untuk berinteraksi dan bertanya langsung kepada para rekruter seputar tips dan lingkungan kerja di perusahaan yang dituju. Sesi tatap muka ini akan menjadi sesi terbuka secara online yang bisa diikuti oleh setiap kandidat yang telah mendaftar.

Selain itu, selama periode Virtual Career Fair, kandidat yang akan berpartisipasi juga bisa berkonsultasi langsung bersama para career expert terkait CV mereka, melalui sesi coaching di program webinar dan serangkaian talk-show. Sesi-sesi ini diharapkan dapat membantu para kandidat untuk bisa mengembangkan profilnya dan memenuhi persyaratan yang sesuai dari perusahaan yang dituju.

Bali Virtual Career Fair 2021 akan dilaksanakan sepenuhnya secara online di platform REDY Indonesia. Selama periode Virtual Career Fair, perusahaan yang berkolaborasi akan melakukan proses rekrutmen termasuk tahap screening dan penawaran kerja pada platform REDY Indonesia.

“Bagi para calon pekerja yang berminat mencari kerja di job fair online ini, bisa mendaftar di getredy.id, sekaligus untuk melihat lowongan yang akan dibuka selama pameran karier, informasi lebih lanjut dapat juga dilihat di akun Instagram @redyindonesia,” tuntas Rio.*mao

Komentar