nusabali

Loew Tak Khawatir di Wembley

Jerman Jumpa Inggris di 16 Besar

  • www.nusabali.com-loew-tak-khawatir-di-wembley

Loew tidak tidak khawatir lawan Inggris. Dia yakin timnya akan lebih baik setelah nanti berbenah. Loew menyebutkan laga lawan Inggris akan lebih seru karena kedua tim sama-sama akan tampil menyerang sejak awal.

MUNICH, NusaBali

Manajer Timnas Jerman, Joachim Loew angkat bicara mengenai Inggris yang akan jadi lawan timnya di 16 besar Euro 2020. Dia mengakui pertandingan melawan The Three Lions akan sangat berbeda dari sebelum-sebelumnya. Big match Inggris vs Jerman akan digelar di London, Selasa (29/6), pukul 24.00 Wita.

Ya, Jerman memastikan satu tiket ke 16 besar Euro 2020. Hasil imbang 2-2 melawan Hungaria memastikan Der Panzer menjadi runner up grup F. Dari bagan yang dibuat UEFA, Jerman harus menghadapi juara Grup D, yakni Inggris. Loew pun tidak tidak khawatir lawan Inggris di Wembley. Dia yakin timnya akan lebih baik setelah berbenah.

Loew yakin pertandingan ini akan berjalan dengan sengit. Namun dia juga yakin laga lawan Inggris akan jadi pertandingan yang sangat berbeda. Dia menyebutkan  laga melawan Inggris akan lebih seru karena kedua tim sama-sama akan tampil menyerang sejak awal laga.

"Hari ini (Kamis dinihari, red.), Hungaria bermain dengan parkir bus. Semua pemain mereka ikut bertahan, dan semua pemain mereka mencoba merebut bola. Namun melawan Inggris, mereka akan bermain di kandang mereka [Wembley]. Mereka akan tampil menyerang sehingga jalannya pertandingan akan lebih terbuka daripada pertandingan hari ini,'kata pelatih yang membawa Jerman juara Piala Dunia 2014 di Brasil itu.

Loew juga menegaskan, tim Jerman harus berbenah total sat menghadapi Inggris. Dia menilai timnya bakal kalah jika tampil seperti saat menghadapi Hungaria. Loew sadar timnya harus memperbaiki banyak hal. Dia meminta tim harus lebih waspada, terutama dalam skema bola-bola mati.

"Kami tidak boleh mengulangi kesalahan yang sama lagi. Namun seperti yang saya katakan, pertandingan melawan Inggris nanti akan sangat berbeda, dan kami tidak sabar memainkan laga itu," ujar Loew.

"Performa kami sejauh ini tidak terlalu bagus, tapi kalau kami menunjukkan apa yang kami mampu, seperti saat melawan Portugal, kami bisa jadi lawan yang kuat, dan jika kami tidak melakukan itu kami bisa kesulitan," kata Loew soal performa Jerman di Euro 2020.

Jerman sendiri lolos ke 16 besar dengan laju kurang meyakinkan. Jerman sempat dalam posisi kritis usai tertinggal 1-2 dari Hungaria hingga menit-menit akhir. Jerman akhirnya selamat berkat gol Leon Goretzka pada menit ke-84. Jerman pun ke 16 besar Euro 2020 dengan status runner-up Grup F, dengan empat poin dari tiga laga.

Sementara itu, Inggris wajib hati-hati berjumpa Jerman. Bahkan mereka pantas waswas, karena statistik menunjukkan rekor The Three Lions sangat jelek saat menghadapi Jerman di fase gugur turnamen besar. Sejak 1966, Inggris empat kali lawan Jerman di fase knockout pada turnamen besar. Hasilnya, Inggris selalu kalah.

Namun tim Jerman kali ini bukan yang bertipe klasik dan tampak agak rapuh. Posisi Inggris di peringkat FIFA juga delapan posisi lebih tinggi dibanding Jerman. Namun, tetap saja catatan buruk itu kembali menyeruak saat undian memastikan kedua tim harus saling jegal di 16 besar.    

Jika melihat ranking terkini, Inggris seharusnya difavoritkan menang. Tetapi, The Three Lions tampil kurang meyakinkan sepanjang fase grup, terutama melawan Skotlandia. Jika tak mau terulang, Inggris harus belajar banyak jika ingin mengalahkan Jerman. Jika tidak, Inggris akan dibayangi sejarah buruk kontra Jerman akan terulang. *ant

Komentar