nusabali

BBMKG Warning Gelombang Tinggi di Perairan Bali

  • www.nusabali.com-bbmkg-warning-gelombang-tinggi-di-perairan-bali

MANGUPURA, NusaBali
Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, memperkirakan akan terjadi gelombang tinggi di perairan sekitar Bali, dalam kurun waktu dua hari ke depan.

Masyarakat diimbau untuk waspada, demi mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan. Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar Dwi Hartanto, mengatakan dari analisa yang dilakukan, akan terjadi gelombang tinggi dengan kisaran 2,5 meter hingga 4 meter di perairan sekitar Bali. Penyebab adanya gelombang tinggi itu karena saat tekanan udara yang cukup kuat. Selain itu, kondisi air laut pasang juga karena saat ini purnama.

“Memang dari prakiraan kita nyaris di seluruh Bali ini terjadi gelombang tinggi. Prakiraan itu dari hari ini (kemarin) hingga dua hari ke depan,” kata Hartanto, Kamis (24/5) sore.

Menurutnya, wilayah yang perlu diwaspadai, yakni Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian Selatan, perairan Selatan Bali hingga Lombok dan Samudera Hindia Selatan Bali. Sementara, selat Alas bagian Selatan berada dikisaran 1,5 meter hingga 2,5 meter.

Mengingat potensi gelombang tinggi itu, Hartanto mengimbau kepada masyarakat, nelayan, kapal angkut penumpang, kapal kargo hingga pelaku wisata bahari untuk selalu waspada dengan kondisi itu. “Potensi gelombang cukup tinggi, kami harapkan seluruh pihak untuk selalu waspada,” imbaunya.

Selain gelombang tinggi, Hartanto juga mengatakan kalau dalam dua hari ke depan, juga masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sejumlah wilayah di Pulau Dewata. Meski saat ini sudah memasuki musim kemarau.

“Kalau hujan tetap ada. Meski hanya di beberapa daerah. Tentu kami juga berharap agar masyarakat juga mengantisipasi berbagai hal yang ditimbulkan karena hujan itu,” imbau Hartanto lagi. *dar

Komentar