nusabali

PDAM Bangun Teknologi SWRO di Jungut Batu

Suling Air Laut Jadi Air Bersih Layak Minum

  • www.nusabali.com-pdam-bangun-teknologi-swro-di-jungut-batu

Investasi pihak III mulai dari membangun fisik SWRO sampai mendistribusikan air bersih ke pelanggan.

SEMARAPURA, NusaBali

Pemkab Klungkung terus berupaya mengatasi kesulitan penyediaan air bersih untuk masyarakat. Salah satunya, menyepakati perjanjian kerjasama Penyediaan Air Bersih Layak Minum melalui Teknologi penyuling Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) antara PDAM Tirta Mahottama Kabupaten Klungkung dengan PT Tiara Cipta Nirwana.

SWRO akan dibangun di Desa Jungut Batu, Nusa Penida. Acara itu berlangsung di Desa Besan, Kecamatan Dawan, Klungkung, Kamis (24/6). Hadir, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Kepala Kejaksaan Negeri Klungkung Rosalina Sidabariba, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Inspektur Daerah Klungkung I Made Seger, Kaban Baperlitbang Klungkung Anak Agung Gede Lesmana, Direktur PT Tiara Cipta Nirwana I Made Gede Putra Yasa, Direktur PDAM Klungkung I Nyoman Renin Suyasa, dan undangan.

Bupati Suwirta menilai penandatanganan perjanjian ini merupakan sebuah langkah kemajuan untuk pemenuhan 100 persen air bersih. Nusa Penida yang saat ini merupakan salah satu destinasi pariwisata, selain harus memenuhi kebutuhan air masyarakat sehari-hari, juga kebutuhan air bersih bagi industri pariwisata. ‘'Dengan perjanjian kerjasama ini, kami berharap, warga khususnya di kepulauan Nusa Penida tidak lagi merasakan kekurangan air bahkan ketiadaan air," kata Bupati Suwirta.

Direktur PDAM Klungkung I Nyoman Renin Suyasa mengatakan kerjasama ini untuk pemenuhan kebutuhan air minum di air Kabupaten Klungkung, khususnya di Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida. "Melalui kerjasama ini diharapkan bisa pemenuhan bebutuhan air di Kabupaten Klungkung, dan bisa melaksanakan tanget 100 persen pelayanan air minum tahun 2022," harap dirut asal Nusa Penida ini.

Kata dia, isi perjanjian itu antar lain, investasi pihak III mulai dari membangun fisik SWRO sampai mendistribusikan air bersih ke pelanggan. Seluruh investasi ini dibiayai pihak III karena Pemkab Klungkung tak punya dana untuk investasi ini. ‘’Nanti, PDAM Klungkung yang beli air SWRO ini ke pihak ketiga. Harga air akan ditentukan nanti dengan perjanjian lalgi,’’ ujarnya.

Direktur PT Tiara Cipta Nirwana I Made Gede Putra Yasa mengatakan Nusa Penida merupakan daerah pesisir dan memiliki air laut yang  bisa dimanfaatkan sebagai air baku dengan menggunakan teknologi SWRO. "SWRO merupakan teknologi modern yang mengubah air asin menjadi air tawar yang layak untuk dikonsumsi," jelas Putra Yasa. *wan

Komentar