nusabali

Tiga Rumah di Sinduwati Terendam Banjir

  • www.nusabali.com-tiga-rumah-di-sinduwati-terendam-banjir

Perbekel mengimbau warga tidak buang sampah sembarangan untuk mencegah banjir saat musim hujan.

AMLAPURA, NusaBali

Tiga rumah di Banjar Sindu, Desa Sinduwati, Kecamatan Bebandem, Karangasem terendam banjir, Rabu (23/6) sekitar pukul 19.00 Wita. Banjir terjadi akibat air hujan yang mengalir di selokan meluap karena tersumbat sampah. Kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Rumah terendam banjir milik Zainal Arifin, 50, Hasanudin, 52, dan Alisjahbana, 55.

Akibat terendam banjir, peralatan usaha tempe dan peralatan dapur milik Alisjahbana hanyut. Alat-alat produksi tahu dan peralatan dapur milik Zainal Arifin juga terseret arus. Sedangkan dapur yang jadi satu dengan rumah milik Hasanudin jebol diterjang air meluap. Akibatnya, 5 kg beras, peralatan dapur, dua buffet, dan meja rias hanyut.

Perbekel Desa Sinduwati, I Nengah Rumana, menerangkan hujan lebat terjadi sejak sore. Volume air meningkat mengguyur dari atas bukit mengalir ke got dan selokan. Batang kayu dan sampah juga hanyut dari bukit dan menyumbat aliran air. Imbasnya, air got dan selokan meluap dan merendam rumah warga. “Air meluap ke rumah warga karena aliran air tersumbat sampah dan batang kayu,” ungkap Nengah Rumana, Kamis (24/6). Perbekel mengimbau warga tidak membuang sampah sembarangan agar tidak menyebabkan banjir saat musim hujan.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa turun ke lokasi saat malam hari. Hanya saja tidak bisa melakukan penanganan karena gelap dan masih hujan lebat. “Akibat air hujan meluap di selokan, tiga rumah di Banjar Sindu terendam banjir,” ungkap Ida Ketut Arimbawa. Menurut warga, hanya peralatan dapur beserta peralatan produksi tahu dan tempe hanyut. BPBD turun pada Rabu malam bersama Kapolsek Sidemen AKP I Nyoman Merta Kariana, Perbekel Sinduwati I Nengah Rumana, dan Kelian Banjar Sindu. BPBD memantau dan mendata kerusakan hingga pukul 22.30 Wita. *k16

Komentar