nusabali

Objek Wisata Tirta Empul Masih Sepi

  • www.nusabali.com-objek-wisata-tirta-empul-masih-sepi

GIANYAR, NusaBali
Pendemi Covid-19 sudah merajam Bali hampir 15 bulan lalu, tepatnya sejak Maret 2020.

Kondisi perekonomian Bali, khususnya di Kabupaten Gianyar, jadi kian lesu. Kelesuan ini antara lain ditandai, walaupun sudah buka, hampir semua objek wisata masih sangat sepi kunjungan.

Kondisi tersebut tergambar di Objek Wisata Tirta Empul, Desa Adat Manukaya Let, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, sejak pandemi. ‘’Kondisi (di Objek Wisata Tirta Empul,Red) memprihatinkan. Kunjungan hampir nol,’’ ujar Penyarikan Bendesa Adat Manukaya Let, Made Kuntung, saat dihubungi via whatsapp (WA), Selasa (22/6).

Informasi dari objek wisata setempat, di objek wisata ini masih sering ada kunjungan waga, terutama umat Hindu yang pedek tangkil (sembahyang) dan malukat (membersihkan diri secara niskala). Meskipun sering ada umat sembahyang dan malukat, tidak bisa menjadi pendapatan objek. Karena pihak pengelola pura tak memperlakukan wajib tiket masuk, sebagaimana turis berkunjung ke objek bersejarah dan berhawa sejuk ini. Hal itu pula diakui Made Kuntung. Dia mengaku bersyukur karena kawasan objek ini tak sepi karena masih banyak ada umat sambahyang di pura dan malukat di kolam Tirta Empul. *Isa

Komentar