nusabali

Terinspirasi Bung Karno Renungkan Pancasila, Bupati Sanjaya Tanam Pohon Sukun

Aksi Tanam Ribuan Pohon Oleh Pemkab Tabanan

  • www.nusabali.com-terinspirasi-bung-karno-renungkan-pancasila-bupati-sanjaya-tanam-pohon-sukun

TABANAN, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Tabanan gelar gerakan serentak penanaman pohon di muara Sungai Yeh Ho, Banjar Pasutri, Desa Tibu Biu, Kecamatan Kerambitan, Senin (21/6). Penanaman pohon dalam rangka Bulan Bung Karno ini dipimpin oleh Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya.

Penanaman sebanyak 5.030 bibit pohon itu juga dihadiri oleh Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Ketua DPRD I Made Dirga, anggota DPRD Tabanan I Ketut Arsana Yasa, Sekda Tabanan I Gede Susila, OPD terkait, beberapa forum dan komunitas peduli lingkungan.

Bupati Sanjaya mengatakan, gerakan penanaman pohon ini dilaksanakan serentak bersama provinsi dan kabupaten/kota se-Bali, dengan sasaran wilayah prioritas, seperti sungai, mata air, pantai, danau, dan pesisir. Selain itu acara penanaman pohon dilaksanakan sekaligus memperingati wafatnya Bapak pendiri bangsa Bung Karno dan juga Hari Ulang Tahun ke-60 Presiden RI Joko Widodo.

“Dengan keterbatasan gerak dan aktivitas karena pandemi, kita harus tetap produktif dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19,” ujar Bupati Sanjaya.

Menurut dia, kegiatan penanaman pohon ini sebagai implementasi nilai-nilai Sad Kerthi, bahwa alam, hutan, pantai, sumber mata air, dan segala kekayaan lainnya merupakan sumber kehidupan. Selain itu untuk kesejahteraan dan sumber inspirasi dalam menata kehidupan sosial dan peradaban.

“Yang tidak kalah pentingnya dari kegiatan penanaman pohon ini adalah monitoring untuk mengevaluasi keberhasilan memeliharanya. Mindset kepedulian kita terhadap pentingnya arti pohon bagi kehidupan tak hanya ditunjukkan dengan gemar menanam, namun juga diikuti dengan gemar merawatnya,” tegas Ketua DPC PDIP Tabanan, ini.

Saat penanaman pohon ini, Bupati Sanjaya dengan semangat mengikuti kegiatan dan mendapat kehormatan sebagai penanam pohon pertama. Bupati Sanjaya mengutamakan menanam pohon sukun, sebagai penghormatan saat Bung Karno diasingkan di Ende, Nusa Tenggara Timur, melakukan perenungan merumuskan Pancasila di bawah pohon Sukun.

Sementara itu, jumlah pohon yang akan ditanam sebanyak 5.030 bibit yang terdiri dari 4.000 mangrove, 1.000 Sawo Kecik, Sirsak, Cempaka, dan Juwet, serta 30 tanaman Sukun. Sebanyak 4.000 mangrove akan ditanam di 6 kecamatan di Kabupaten Tabanan secara bertahap yang memiliki pantai dan muara sungai yang harus segera direboisasi vegetasi pantainya. Rinciannya Kecamatan Kediri, Kecamatan Kerambitan, Kecamatan Selemadeg Timur, Kecamatan Selemadeg Barat, dan Kecamatan Selemadeg. Ribuan pohon tersebut akan didistribusikan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan. *des

Komentar