nusabali

Pengawas Koperasi Mutlak Bersertifikasi

  • www.nusabali.com-pengawas-koperasi-mutlak-bersertifikasi

Pengawas koperasi wajib memahami dan menguasai ilmu akuntansi sehingga pengawasan akan menjadi lebih gampang.

SEMARAPURA, NusaBali

Sertifikasi pengawas koperasi menjadi suatu keharusan dalam pengelolaan koperasi. Karena selama ini, banyak lembaga keuangan bubar dan bangkrut akibat manajemen dan pengawasan yang tidak berjalan dengan benar.

Hal itu ditegaskan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat membuka kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) dan Uji Sertifikasi Kompetensi Pengawas Koperasi di Wyndham Tamansari Jivva Resort Bali, Jalan Subak Lepang No.16, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Senin (20/6). Kegiatan diselenggarakan selama 4 hari, 21 - 24 Juni, diikuti 20 peserta dari kalangan pengawas koperasi.

Menurut Bupati, dalam mengawasi sebuah koperasi, akan lebih mudah jika proses pengawasan diikuti dan dilakukan sejak awal. Selain itu, pengawas koperasi wajib memahami dan menguasai ilmu akuntansi sehingga pengawasan akan menjadi lebih gampang. "Saya minta kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan pembekalan ini dengan baik. Serap sebanyak-banyaknya ilmu dalam pelatihan ini," kata Bupati Suwirta.

Dengan bekal ilmu yang memadai, jelas Bupati, dalam pengawasan di lapangan, pengawas koperasi tidak hanya mencari kesalahan. Namun, pengawas bisa memberikan masukan dan jalan keluar. "Koperasi perlu pengawas yang kompeten. Kita akan buktikan bahwa lembaga koperasi menjadi lembaga yang paling kuat bertahan di masa-masa sulit seperti sekarang," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Klungkung Wayan Ardiasa mengatakan kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kompetensi SDM di bidang pengelolaan koperasi, khususnya pengawas koperasi. Selain itu untuk mendapatkan tenaga terampil, terlatih, dan siap pakai dalam upaya peningkatan kuantitas dan kualitas SDM koperasi. "Kegiatan dilaksanakan selama empat hari. Penguji berasal dari Asesor LSP KJK (Lembaga Sertifikasi Profesi Koperasi Jasa Keuangan) Balicertif," kata Ardiasa. *wan

Komentar