nusabali

Pemprov Bali Ajak Masyarakat Hijaukan Lingkungan

Rangkaian Bulan Bung Karno dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

  • www.nusabali.com-pemprov-bali-ajak-masyarakat-hijaukan-lingkungan

DENPASAR, NusaBali
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra mengajak masyarakat bersama-sama membangun budaya hijaukan lingkungan melalui gerakan menanam, merawat pohon serta membersihkan lingkungan dari sampah terutama sampah plastik.

Harapan tersebut disampaikannya pada acara Gerakan Serentak Penanaman Pohon dan Kebersihan serangkaian Peringatan Bulan Bung Karno ke 3 dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di Pantai Tangtu, Biaung, Denpasar, Senin (21/6) pagi.

Lebih jauh dalam sambutannya, Sekda Dewa Indra menyampaikan upaya menghijaukan serta menjaga kebersihan lingkungan tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah semata, namun perlu peran serta dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

"Hari ini di sepanjang pantai ditanam banyak pohon, warga sekitar saya minta untuk ikut merawatnya, kalau ada pohon yang mati segera laporkan dan minta pohon pengganti ke dinas terkait. Semua pihak harus bersinergi dan memiliki kesadaran untuk menjaga dan menghijaukan lingkungan," ujar Ketua Harian Satgas Penanganan Covid 19 Provinsi Bali ini.

Dipilihnya tanggal 21 Juni karena bertepatan dengan hari wafatnya Bung Karno. Selain itu pada penyelenggaraan Bulan Bung Karno III tahun 2021 bertema ‘Taru Prana Bhuwana’ yang bermakna Pohon sebagai Nafas Bumi.

Dalam sesi wawancara, Sekda Dewa Indra mengatakan dipilihnya penanaman pohon sukun karena pohon tersebut memiliki nilai historis yang berhubungan dengan Bung Karno.

“Bung Karno pada waktu diasingkan di Ende, Nusa Tenggara Timur beliau duduk di bawah pohon Sukun lalu beliau banyak inspirasi,” ujar Dewa Indra. Gerakan penanaman pohon serta kebersihan pada pagi kemarin dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota hingga kecamatan, desa dan kelurahan se-Bali dengan melibatkan ASN dan Non ASN, TNI/Polri serta desa adat dan komunitas pecinta lingkungan. *nat

Komentar