nusabali

Klungkung Perangi Sampah Plastik dan Tanam Pohon

Peringati Hari Lingkungan Hidup dan Bulan Bung Karno III

  • www.nusabali.com-klungkung-perangi-sampah-plastik-dan-tanam-pohon

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung bersama masyarakat dan pelbagai unsur, menggelar aksi penanaman pohon dan Gerakan Masyarakat Puputan Sampah Plastik (Gema Tansaplas) di sejumlah pantai wilayah Klungkung, Senin (21/6) pagi.

Kegiatan ini serangkaian memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021 dan Bulan Bung Karno III.  Kegiatan dipimpin langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ketua TP-PKK Ny Ayu Suwirta. Peserta kalangan anggota Forum Pimpinan Koordinasi Daerah (Forkompinda), seluruh unsur OPD (organisasi perangkat daerah) di jajaran Pemkab Klungkung, instansi vertikal, BUMN, BUMN, sekolah-sekolah, organisasi kemasyarakatan, dan masyarakat. Peserta kegiatan

taat penerapan prokes (protokol kesehatan). "Penanaman pohon dan bersih sampah plastik semacam ini sudah sering kita lakukan. Mestinya sudah menjadi kebiasaan kita untuk selalu menjaga lingkungan," ujar Bupati Suwirta saat membuka kegiatan di Wantilan Pura Watu Klotok, Klungkung.

Namun, lanjut Bupati, nyatanya masih sering terjadi abrasi pantai dan sampah plastik bertebaran di mana-mana. Hal ini menandakan apa yang dilakukan selama ini belum dari hati yang paling dalam. Maka dari itu, dibutuhkan kesadaran tinggi dari semua pihak bahwa sampah plastik telah mengancam lingkungan. ‘’Lingkungan harus kita bersihkan dari sampah, dimana pun kita temukan," kata Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mengajak krama desa adat dan desa dinas untuk tidak kendor dalam memerangi sampah plastik. Setelah memerangi sampah plastik, selanjutnya menghentikan membuang sampah plastik ke lingkungan. Sampah utamanya non organik harus dikumpulkan, Sedangkan sampah yang berasal dari rumah juga harus sudah dipilah. "Saat berbelanja, warga juga wajib membawa tas dari rumah. Jangan menerima bungkus plastik kresek dari pedagang," katanya.

Sementara itu, di Rest Area Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, turut melakukan aksi bersih pantai dari sampah plastik. Kegiatan Wabup ini bersama para petugas Kecamatan Dawan dan perangkat desa sekitar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung Ketut Suadnyana mengatakan kegiatan serentak Gema Tansaplas ini dilaksanakan di semua kecamatan. Yakni, Kecamatan Klungkung di Pantai Watu Klotok, Kecamatan Banjarangkan di areal Pura Kentel Gumi, Kecamatan Dawan di Pantai Goa Lawah, dan Kecamatan Nusa Penida di Pantai Banjar Nyuh.

Jelas dia, kegiatan penanaman pohon dipusatkan di sekitar areal Pura Watu Klotok dengan 100 bibit pohon, terdiri dari cempaka, sawo kecik, dan juwet. Bibit pohon tersebut bantuan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Unda Anyar. Selaku fasilitator yakni Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali 1.000 pohon, terdiri dari bibit cempaka, sirsak, sawo kecik, dan juwet. Bibit tersebut selanjutnya diserahkan kepada beberapa petugas desa di Klungkung, yakni Desa Selat, Akah, Tojan, Gelgel, dan Desa Dawan Kaler. Bibit selanjutnya ditanam oleh warga di lokasi yang ditentukan. *wan

Komentar